TiNJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBERIAN RUMAH KEPADA ANAK YANG MERAWAT ORANG TUA DI KELURAHAN DANDONG KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR

Zainul Fajri, NIM.: 06350054 (2011) TiNJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBERIAN RUMAH KEPADA ANAK YANG MERAWAT ORANG TUA DI KELURAHAN DANDONG KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TiNJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBERIAN RUMAH KEPADA ANAK YANG MERAWAT ORANG TUA DI KELURAHAN DANDONG KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TiNJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBERIAN RUMAH KEPADA ANAK YANG MERAWAT ORANG TUA DI KELURAHAN DANDONG KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam melaksanakan perpindahan harta pada suatu keluarga dalam masyarakat banyak timbul perbedaan-perbedaan sesuai dengan keyakinan dan/kebiasaan daerah setempat. Seperti halnya dalam praktek pemberian rumah kepada anak yang merawat orang tua di masyarakat Kelurahan Dandong. Hukum adat digunakan untuk membagi harta milik orang tua, pembagian harta ini mendapatkan porsi yang sama antara anak laki-laki dan perempuan, dimana harta yang dibagikan adalah berupa tanah, binatang ternak dan rumah beserta isinya. Perbedaan pemahaman mengenai konsep pembagian harta orangtua pada masyarakat Kelurahan Dandong yang mempunyai cara tersendiri dalam menyelesaikan hubungan hukum yang berkaitan dengan harta yang akan diterima setelah orangtua meninggal dengan anggota keluarganya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan di lingkungan Kelurahan Dandong Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar untu mengetahui tentang pelaksanaan pemberian rumah kepada anak yang merawat orangtua di lingkungan Kelurahan Dandong beserta alas analasannya, serta untuk mengetahui kedudukan hykymnya yang ditinjau oleh kacamata hukum Islam. Penelitian ini menggunakan field research, yakni penelitian dimana obyeknya adalah peristiwa factual yang ada dilapangan. Dalam hal ini di Kelurahan Dandong Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Di samping penulis juga terjun langsung kelapangan untuk mencari data-data dan informasi dengan cara melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang dapat membantu penelitian ini. Dengan mencari faktor-faktor penyebab mengapa anak yang merawat orang tua mendapatkan bagian lebih besar, dan dengan pendekatan normtif (dalil-dalil al-Qur`an, Hadis dan `Urf) sebagai metode analisis-nya, yaitu sebagai pembenar dan sebagai pemberi norma terhadap masalah yang yang menjadi bahasan, maka nantinya akan diperoleh suatu kesimpulan apakah suatu itu boleh atau selaras atau tidak dengan ketentuan syari`at. Setelah diadakan penelitian yang sedemikkian rupa dengan pendekatan normatif sebagai metode analisis-nya, maka diperoleh kesimpulan, bahwa penyebab anak yang merawat orang tua mendapatkan pemberian lebih dari pada anak yang lainya dari orang tua dikarenakan anak yang merawat orang tua pada Kelurahan Dandong menjadi tumpuan hidup orang tua, termasuk ketika nanti orang tua meninggal dunia, anak yang merawat orang tua ini mengurus semua biaya perawatan jenazahnya. Sehingga dalam praktik pemberian rumah ini menggunakan asas keadilan, dimana tanggungan yang di pikul anak yang merawat orang tua sesuai dengan beban yang dipikulnya, dan merupakan adat/`urf sahih, karena tidak bertentangan dengan ketentuan atau syarat-syarat `urf yang ada untuk bisa dijadikan sebagai hujjah hukum, di mana praktiknya kesepakatan para anak yang diutamakan, yaitu dengan jalan musyawarah dengan tujuan tercapainya keadilan dengan dasar keikhlasan antar anakanaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abubakar Abak, M. M dan Hj. Fatma Amilia, S.Ag., M. Si
Uncontrolled Keywords: Hibah, Hukum Islam, Hukum Adat
Subjects: Hukum Islam > Adat - 'Urf
Hukum Adat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Apr 2023 08:57
Last Modified: 17 Apr 2023 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58021

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum