PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, JENIS USAHA DAN MODAL YANG DISALURKAN TERHADAP PENDAPATAN MUSTAḤIK DALAM PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF (STUDI KASUS PADA DOMPET PEDULI UMAT DAARUT-TAUHIID YOGYAKARTA PADA TAHUN 2008-2010)

Shofwatul Choir, NIM.: 06390047 (2011) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, JENIS USAHA DAN MODAL YANG DISALURKAN TERHADAP PENDAPATAN MUSTAḤIK DALAM PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF (STUDI KASUS PADA DOMPET PEDULI UMAT DAARUT-TAUHIID YOGYAKARTA PADA TAHUN 2008-2010). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, JENIS USAHA DAN MODAL YANG DISALURKAN TERHADAP PENDAPATAN MUSTAḤIK DALAM PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF (STUDI KASUS PADA DOMPET PEDULI UMAT DAARUT-TAUHIID YOGYAKARTA PADA TAHUN 2008-2010))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, JENIS USAHA DAN MODAL YANG DISALURKAN TERHADAP PENDAPATAN MUSTAḤIK DALAM PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF (STUDI KASUS PADA DOMPET PEDULI UMAT DAARUT-TAUHIID YOGYAKARTA PADA TAHUN 2008-2010))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel dependen yang digunakan adalah pendapatan Mustaḥik, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah, tingkat pendidikan, jenis usaha dan total pemberian zakat/pembiayaan produktif kepada Mustaḥik. Dalam penelitian ini pembahasan akan dibahas bagaimana pengaruh jumlah dana zakat yang disalurkan untuk kegiatan produktif di Dompet Peduli Umat Daarutt-Tauhiid Yogyakarta terhadap pendapatan mustaḥik pada periode 2008 sampai dengan 2010. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, data primernya berupa data yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder didapatkan melalui berbagai sumber tidak langsung. Objek dari penelitian ini adalah DPU-DT Yogyakarta. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS dengan pengujian analisis berupa variabel Dummy kemudian pengujian regresi. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa secara simultan. Dan secara parsial menyimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh positif signifikan adalah jumlah modal yang disalurkan dengan sig. t sebesar 0.000 < 0.05. Sedangkan tingkat pendidikan mustaḥik dengan sig. t sebesar 0.073>0.05 tidak berpengaruh terhadap pendapatan mustaḥik. Variabel jenis usaha dengan sig. t sebesar 0.727 > 0.05 juga tidak berpengaruh terhadap pendapatan mustaḥik. Berdasarkan hasil uji determinasi besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0.207 hal ini berarti 20.7% variasi tingkat pendapatan mustaḥik dapat dijelaskan oleh variasi dari tiga variabel yang berpengaruh terhadap tingkat pendapatan mustaḥik. Sedangkan sisanya (100% - 20.7% = 79.3%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibnu Qizam, SE., M,Si., Akt dan M. Yazid Affandi, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Zakat, Pengelola Zakat, Pendapat Mustahik
Subjects: Keuangan Islam
Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Apr 2023 09:16
Last Modified: 17 Apr 2023 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum