PENGARUH BIAYA OVERHEAD, PORSI BAGI HASIL DANA PIHAK KETIGA DAN SUKU BUNGA KREDIT BANK KONVENSIONAL TERRHADAP PENETAPAN MARGIN MURABAHAH ( STUDI KASUS PADA BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA)

Anisatun Haniah, NIM.: 06390104 (2011) PENGARUH BIAYA OVERHEAD, PORSI BAGI HASIL DANA PIHAK KETIGA DAN SUKU BUNGA KREDIT BANK KONVENSIONAL TERRHADAP PENETAPAN MARGIN MURABAHAH ( STUDI KASUS PADA BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BIAYA OVERHEAD, PORSI BAGI HASIL DANA PIHAK KETIGA DAN SUKU BUNGA KREDIT BANK KONVENSIONAL TERRHADAP PENETAPAN MARGIN MURABAHAH ( STUDI KASUS PADA BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BIAYA OVERHEAD, PORSI BAGI HASIL DANA PIHAK KETIGA DAN SUKU BUNGA KREDIT BANK KONVENSIONAL TERRHADAP PENETAPAN MARGIN MURABAHAH ( STUDI KASUS PADA BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan atau sering disebut applied research. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh biaya overhead, porsi bagi hasil dana pihak ketiga (DPK) dan suku bunga kredit bank konvensional secara parsial dan simultan terhadap margin murabahah di BMT Beringharjo Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah BMT yang terdapat di Yogyakarta, sedangkan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah BMT Beringharjo cabang Malioboro. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka). Periode penelitian yaitu mulai Januari 2008 sampai dengan September 2010. Variabel independen dari penelitian ini adalah biaya overhead, porsi bagi hasil dana pihak ketiga (DPK) dan suku bunga kredit bank konvensional sedangkan variabel dependennya adalah margin murabahah BMT Beringharjo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan BMT Beringharjo yang meliputi laporan neraca dan laba rugi. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan biaya overhead, porsi bagi hasil dana pihak ketiga (DPK) dan suku bunga kredit bank konvensional berpengaruh signifikan terhadap margin murabahah BMT Beringharjo dengan konstribusi sebesar 21,1%.. Secara parsial biaya overhead berpengaruh positif dan signifikan terhadap margin murabahah BMT Beringharjo dengan sig. t sebesar 0.004<0.05. Porsi bagi hasil dana pihak ketiga (DPK) pengaruhnya negatif dan signifikan terhadap margin murabahah BMT Beringharjo dengan sig. t sebesar 0.018<0.05. Sedangkan suku bunga kredit bank konvensional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap margin murabahah BMT Beringharjo dengan sig. t sebesar 0.723>0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Fakhri Husein SE., M.Si. dan M. Ghafur wibowo, SE., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Baitul Mal wat Tamwil (BMT, Pembiayaan Murabahah, Biaya Overhead
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Apr 2023 09:46
Last Modified: 17 Apr 2023 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum