ANALISIS PENGARUH IPM, TENAGA KERJA, INFRASTRUKTUR, DAN ANGKA KETERGANTUNGAN (DEPENDENCY RATIO) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PULAU JAWA

Latifa Isnaini, NIM.: 19108010090 (2023) ANALISIS PENGARUH IPM, TENAGA KERJA, INFRASTRUKTUR, DAN ANGKA KETERGANTUNGAN (DEPENDENCY RATIO) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PULAU JAWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (ANALISIS PENGARUH IPM, TENAGA KERJA, INFRASTRUKTUR, DAN ANGKA KETERGANTUNGAN (DEPENDENCY RATIO) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PULAU JAWA)
19108010090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (ANALISIS PENGARUH IPM, TENAGA KERJA, INFRASTRUKTUR, DAN ANGKA KETERGANTUNGAN (DEPENDENCY RATIO) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PULAU JAWA)
19108010090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan indikator keberhasilan pembangunan ekonomi yang ada di suatu daerah, yang mana adanya pertumbuhan ekonomi juga dapat menggambarkan tingkat kesejahteraan penduduk di daerah tersebut. Pada tingkat daerah, pertumbuhan ekonomi dapat diukur berdasarkan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Nilai PDRB pada 6 provinsi yang ada di Pulau Jawa menunjukkan angka yang sangat tinggi yaitu hampir 60% dari nilai PDRB nasional. Maka dari itu, Pulau Jawa dapat dikatakan mempunyai kontribusi yang sangat besar untuk pertumbuhan ekonomi nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari faktor IPM, tenaga kerja, infrastruktur, dan angka ketergantungan terhadap pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa selama lima tahun terakhir. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari publikasi Badan Pusat Statistik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan data panel. Data panel merupakan gabungan antara data cross section (data dari 6 provinsi yang ada di Pulau Jawa) dan data time series (tahun 2017-2021). Model yang terpilih dalam penelitian ini adalah fixed effect model. Analisis dilakukan dengan menggunakan software E-views. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial variabel Indeks Pembangunan Manusia, infrastruktur ekonomi, dan angka ketergantungan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan variabel tenaga kerja dan infrastruktur sosial memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Secara simultan, seluruh variabel independen pada penelitian ini mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anggari Marya Kresnowati, SE., ME
Uncontrolled Keywords: economic growth; HDI; labor; infrastructure; dependency rasio
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Apr 2023 10:17
Last Modified: 17 Apr 2023 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58044

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum