TINDAK PIDANA KEKERASAN PENCABULAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI TERHADAP PUTUSAN NO. 888/PID.B/2010/PN.DPS KASUS MOCHAMMAD SUHARTO ALS. MOCHAMMAD DAVIS SUHARTO ALS. DICKY SAPUTRA)

Firyal Marhamah, NIM.: 07370059 (2011) TINDAK PIDANA KEKERASAN PENCABULAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI TERHADAP PUTUSAN NO. 888/PID.B/2010/PN.DPS KASUS MOCHAMMAD SUHARTO ALS. MOCHAMMAD DAVIS SUHARTO ALS. DICKY SAPUTRA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINDAK PIDANA KEKERASAN PENCABULAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI TERHADAP PUTUSAN NO. 888/PID.B/2010/PN.DPS KASUS MOCHAMMAD SUHARTO ALS. MOCHAMMAD DAVIS SUHARTO ALS. DICKY SAPUTRA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINDAK PIDANA KEKERASAN PENCABULAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI TERHADAP PUTUSAN NO. 888/PID.B/2010/PN.DPS KASUS MOCHAMMAD SUHARTO ALS. MOCHAMMAD DAVIS SUHARTO ALS. DICKY SAPUTRA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi dan peradaban manusia, kejahatan yang terjadi tidak hanya menyangkut kejahatan terhadap nyawa, harta benda akan tetapi kejahatan terhadap kesusilaan juga semakin meningkat. Disadari atau tidak, modernisasi mengakibatkan terjadinya perubahan dan pergeseran nilai-nilai lama ke nila-nilai baru. Adanya pergeseran nilai tersebut, memunculkan konflik-konflik kejiwaan yang bersifat psikologis pada orang tua, pemuda, bahkan anak-anak. Tindak pidana pencabulan dan pemerkosaan merupakan suatu tindakan yang sering terjadi maka hakim dalam rangka menegakkan hukum harus dapat berlaku adil dan obyektif karena bagi korban apalagi anak-anak peristiwa itu sering kali menimbulkan dampak yang besar baik dari segi psikologis maupun psikis yang mungkin dapat berakibat buruk bagi masa depan korban dan menimbulkan trauma seumur hidupnya. Obyek penelitian ini adalah proses penyelesaian perkara tindak pidana kekerasan pencabulan terhadap anak di bawah umur, pertimbangan serta dasar hukum putusan Hakim dalam perkara tindak pidana kekerasan pencabulan terhadap anak di bawah umur di Pengadilan Negeri Denpasar. Penelitian ini merupakan library research yang menggunakan metode deskriptif analitik, dengan mengunakan normatif yuridis, teknik pangumpulan data kepustakaan, pada analisa penyusun mengunakan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyelesaian perkara tindak pidana kekerasan pencabulan terhadap anak di bawah umur di Pengadilan Negeri Denpasar, dengan Nomor. 888/Pid.B/2010/PN.Dps secara umum telah sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku. Majelis Hakim menjatuhkan pidana penjara selama dua puluh tahun. Pertimbangan Hakim dalam memutuskan perkara pertanggungjawaban pidana delik pencabulan di Pengadilan Negeri Sukoharjo berdasarkan pengakuan langsung dari terdakwa, keterangan saksi-saksi, alat bukti yang cukup, serta terpenuhi unsur-unsur pencabulan. Sedangkan pertimbangan yang paling dominan adalah hal-hal yang memberatkan dan hal-hal yang meringankan terdakwa, sedangkan dasar hukum putusannya adalah pasal 81 dan 82 Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Pasal 65 ayat (1) KUHP. Akhir kata, permasalahan pandangan hukum Islam terhadap tindak pidana pencabulan terhadap anak di bawah umur, bahwasanya hukum Islam memandang penjatuhan sanksi terhadap pelaku perzinaan (cabul) dalam hal ini belum di intepretasikan dengan baik dalam redaksional undang-undang tersebut sehingga penerapan pertanggungjawaban pidana belum sesuai dengan nilai-nilai yang dianut di dalam hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ocktoberrinsyah, M.Ag dan Drs. Ibnu Muhdir, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pidana Kekerasan, Pencabulan Anak di Bawah Umur, Putusan Hakim
Subjects: KEKERASAN - ANAK
PIDANA
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Apr 2023 13:54
Last Modified: 17 Apr 2023 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum