PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP RISIKO INVESTASI SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2007-2009

Sahida Utami, NIM.: 07390025 (2011) PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP RISIKO INVESTASI SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2007-2009. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP RISIKO INVESTASI SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2007-2009)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP RISIKO INVESTASI SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2007-2009)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam melakukan investasi, seorang investor selalu dihadapkan pada dua hal yaitu return dan risiko. Return merupakan tingkat pengembalian dari nilai investasi yang diharapkan oleh investor sedangkan risiko adalah perbedaan antara return yang diharapkan dengan return realisasi suatu skuritas. Risiko ini dapat disebabkan dari faktor ekonomi mikro maupun faktor ekonomi makro. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji mengenai pengaruh indikator ekonomi makro yang terdiri dari tingakt suku bunga dan faktor ekonomi mikro yang terdiri dari current ratio, debt to equity ratio dan price earning ratio terhadap risiko investasi (beta) saham syariah pada perusahaan manufaktur yang masuk Daftar Efek Syariah tahun 2007-2009. Penelitian ini termasuk kategori penelitian pustaka. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh tingkat suku bunga, current ratio, debt to equity ratio dan price earning ratio secara parsial dan simultan terhadap beta saham syariah pada perusahaan manufaktur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang masuk Daftar Efek Syariah tahun 2007-2009. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Variabel independen dari penelitian ini adalah tingkat suku bunga, current ratio, debt to equity ratio dan price earning ratio, sedangkan variabel dependennya adalah beta saham syariah. Data penelitian ini adalah data sekunder dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD), Bank Indonesia, PDBE UGM dan Pusat Data Pasar Modal di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia serta diolah dengan model regresi linear berganda. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan tingkat suku bunga, current ratio, debt to equity ratio dan price earning ratio mempunyai pengaruh terhadap beta saham syariah sebesar 8,7%. Sedangkan sisanya (100% - 8,7% = 91,3%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi. Secara parsial, variabel tingkat suku bunga dan debt to equity ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap beta saham, dengan sig.t sebesar 0,005 < 0,05 dan koefisien sebesar -0,083 untuk tingkat suku bunga dan sig.t debt to equity ratio sebesar 0,009 < 0,05 dengan nilai koefisien sebesar -0,282. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh adalah current ratio dan price earning ratio. Sig.t current ratio sebesar 0,175 dengan koefisien sebesar -0,027 dan sig.t sebesar 0,916 dengan koefisien sebesar - 0,000007129 untuk price earning ratio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Syafiq M Hanafi, S.Ag, M.Ag dan Sunarsih SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Beta, Tingkat Suku Bunga, Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Earning Ratio.
Subjects: Keuangan Islam
Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2023 10:14
Last Modified: 18 Apr 2023 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58077

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum