FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN GO PUBLICDI JAKARTA ISLAMIC IND

Ning Shofi, NIM.: 07390011 (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN GO PUBLICDI JAKARTA ISLAMIC IND. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN GO PUBLICDI JAKARTA ISLAMIC IND)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN GO PUBLICDI JAKARTA ISLAMIC IND)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal merupakan alternatif investasi yang semakin memasyarakat, namun banyak hal yang harus diketahui oleh investor sebelum memutuskan untuk berinvestasi di pasar modal, karena keputusan investasi pada saham perusahaan publik memiliki risiko relatif tinggi dibandingkan dengan deposito. Secara umum semakin terbatas informasi, keahlian dan modal yang dimiliki investor, semakin tinggi risiko yang mereka hadapi.Keputusan investasi dalam suatu aset membutuhkan analisis dan pemahaman terhadap informasi sehingga keputusan investasi tersebut dapat memberikan keuntungan yang optimal bagi investor. Salah satu informasi yang diharapkan mampu memberi bantuan kepada pemakai dalam membuat keputusan adalah nilai perusahaan. Nilai perusahaan dapat mencerminkan nilai aset yang dimiliki perusahaan seperti surat-surat berharga. Salah satu surat berharga diantaranya adalah saham yang merupakan surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan.Tinggi rendahnya harga saham banyak dipengaruhi oleh kondisi emiten. Faktor yang mempengaruhi harga saham di antaranya adalah kemampuan perusahaan membayar dividen. Kemampuan untuk membayar dividen sangat erat hubungannya dengan kemampuan perusahaan memperoleh laba. ROA mencerminkan tinggi rendahnya harga saham dalam kemampuan perusahaan memperoleh laba. Dan faktor lain yang mempengaruhi nilai perusahaan diantaranya adalah pengelolaan terhadap perusahaan. Penelitian ini menggunakan enam macam variabel sebagai variabel independen yang mempengaruhi nilai perusahaan. Variabelnya adalahBoard Size, Board Indepedence, Pertumbuhan Laba, Return on Assets, Current Ratio, Devident Payout Ratio, dan Size. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang berturut-turut masuk dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2008-2010.Populasi diambil berdasarkan kriteria tertentu dan diperoleh 11 perusahaan dengan periode tiga tahun atau sebanyak 33 populasi. Data yang digunakan berasal dari laporan keuangan masing-masing perusahaan yang diambil dari website Bursa Efek Indonesia serta dari pojok bursa UII dan UKDW. Penelitian ini telah melalui proses pra-analisis dengan tujuan untuk menemukan bentuk model regresi terbaik dengan menggunakan analisis regresi berganda yang telah melalui uji asumsi klasik terlebih dahulu.Hasil analisis menunjukkan bahwa Board Size berpengarh positif dan signifikan,Board Indepedenceberpengaruh negatif dan signifikan, Pertumbuhan Laba tidak berpengaruh signifikan, Return on Assetsberpengaruh positif dan signifikan, Current Ratiotidak berpengaruh negatif dan signifikan, Devident Payout Ratiotidak berpengaruh positif dan signifikan, dan Sizetidak berpengaruh positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Syafiq M.Hanafi, S.Ag,M.Ag dan Sunarsih, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Board Size, Board Indepedence, Pertumbuhan Laba, Return on Assets, Current Ratio, Devident Payout Ratio, S
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2023 10:07
Last Modified: 18 Apr 2023 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58083

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum