PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, RETURN ON ASSET DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2009

Dwi Rahayu, NIM.: 07390017 (2011) PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, RETURN ON ASSET DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2009. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, RETURN ON ASSET DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2009)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, RETURN ON ASSET DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2009)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Nilai pasar merupakan nilai kekayaan yang tidak terdapat dalam neraca, seperti manajemen yang baik, reputasi yang baik, dan prospek yang sangat cerah. Rasio nilai pasar perusahaan memberikan indikasi bagi manajemen mengenai penilaian investor terhadap kinerja perusahaan di masa lampau dan prospeknya di masa datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai pasar.. Dalam penelitian ini digunakan tiga variabel yakni Good Corporate Governance, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Teori yang digunakan adalah agency theory dan signaling theory. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan terhadap 66 perusahaan yang termasuk dalam Bursa Efek Indonesia periode 2005-2009 dengan menggunakan kriteria tertentu. Data bersifat sekunder yang didapat dari ICMD dan Majalah SWA. Analisis terhadap data tersebut menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya terdapat satu variabel yang berpengaruh positif signifikan terhadap nilai pasar yaitu profitabilitas yang dikur dengan ROA. Dua variabel lainnya yakni GCG dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara positif signifikan terhadap nilai pasar. Secara simultan ketiga variabel tersebut mampu memprediksi nilai pasar sebesar 31.2%, sedangkan sisanya sebesar 68.8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. M. Fakhri Husein, SE., M.Si dan Sunaryati, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Nilai Pasar, Good Corporate Governance, ROA, Size
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2023 10:10
Last Modified: 18 Apr 2023 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum