VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI FENOMENA UNDERPRICING PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI DES (DAFTAR EFEK SYARIAH) TAHUN 2005-2010

Ranik Wijayanti, NIM.: 07390031 (2011) VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI FENOMENA UNDERPRICING PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI DES (DAFTAR EFEK SYARIAH) TAHUN 2005-2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI FENOMENA UNDERPRICING PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI DES (DAFTAR EFEK SYARIAH) TAHUN 2005-2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI FENOMENA UNDERPRICING PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI DES (DAFTAR EFEK SYARIAH) TAHUN 2005-2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Underpricing sering dijumpai dalam initial public offering (IPO). Penawaran perdana (IPO) adalah suatu peristiwa dimana untuk pertama kalinya suatu perusahaan menjual atau menawarkan sahamnya kepada khalayak ramai. Underpricing merupakan suatu keadaan dimana harga saham diperdagangkan di pasar perdana lebih rendah dibandingkan ketika diperdagangkan di pasar sekunder atau sebagai selisih positif antara harga saham di pasar sekunder dengan harga saham di pasar perdana. Selisih inilah yang disebut sebagai initial return. Adapun faktor-faktor yang diduga mempengaruhi underpricing adalah financial leverage, ukuran perusahaan ddan return on equity (ROE). Penelitian ini termasuk penelitian terapan atau sering disebut applied research. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka) yang dikumpulkan dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu sampel yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu agar diperoleh sampel yang representatif atas penelitian yang dilakukan. Dalam penelitian ini, diperoleh sampel kelompok yang diamati yaitu 43 perusahaan yang diambil dari populasi perusahaan-perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di Daftar Efek Syariah (DES), mengalami underpricing dan menerbitkan laporan keuangan setiap tahunnya. Dari laporan keuangan perusahaan kemudian data diolah dan diuji menggunakan metode statistik regresi linear berganda (multiple linear regresion method) untuk menjelaskan hubungan ketergantungan variabel dependen terhadap lebih dari variabel independen. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap underpricing hanya ukuran perusahaan, sedangkan fiinancial levearge dan return on equity tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Joko Setyono, S.E., M.Si dan M. Kurnia R. Abadi, S.E., M.M
Uncontrolled Keywords: Underpricing, Initial Return, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan, ROE
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2023 11:41
Last Modified: 18 Apr 2023 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58089

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum