PENGARUH EARNING AFTER TAX (EAT), QUICK RATIO, ASSET GROWTH, DAN DEBT TO TOTAL ASSETS (DTA) TERHADAP DIVIDEN TUNAI PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM KELOMPOK JII TAHUN 2008-2010

Fina Muflihana, NIM.: 07390042 (2011) PENGARUH EARNING AFTER TAX (EAT), QUICK RATIO, ASSET GROWTH, DAN DEBT TO TOTAL ASSETS (DTA) TERHADAP DIVIDEN TUNAI PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM KELOMPOK JII TAHUN 2008-2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH EARNING AFTER TAX (EAT), QUICK RATIO, ASSET GROWTH, DAN DEBT TO TOTAL ASSETS (DTA) TERHADAP DIVIDEN TUNAI PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM KELOMPOK JII TAHUN 2008-2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH EARNING AFTER TAX (EAT), QUICK RATIO, ASSET GROWTH, DAN DEBT TO TOTAL ASSETS (DTA) TERHADAP DIVIDEN TUNAI PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM KELOMPOK JII TAHUN 2008-2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan dividen pada intinya merupakan perlakuan perusahaan terhadap laba yang diperoleh. Laba operasi perusahaan dapat dibagikan sebagai dividen kepada para pemegang saham, dan dapat pula ditahan dengan tujuan untuk investasi di masa depan. Besar kecilnya dividen yang dibagikan tergantung pada kebijakan dividen yang dianut oleh masing-masing perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi dividen tunai pada perusahaan yang termasuk dalam kelompok Jakarta Islamic Index (JII). Pada penelitian terdahulu, untuk memperkirakan besarnya dividen tunai digunakan profitabilitas, likuiditas, investasi dan pembiayaan. Pada penelitian ini variabel yang digunakan yaitu profitabilitas yang diukur dengan earning after tax (EAT) dan dianalisis menggunakan teori residual, likuiditas yang diukur dengan quick ratio dan dianalisis dengan menggunakan teori sinyal, investasi yang diukur dengan asset growth dan dianalisis dengan menggunakan teori residual dan teori siklus hidup perusahaan, serta pembiayaan yang diukur dengan debt to total assets (DTA) dan dianalisis dengan teori residual. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 119 perusahaan yang termasuk dalam kelompok Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2008-2010. Namun Penelitian ini hanya menggunakan sampel sebanyak 89 perusahaan. Pengumpulan data dilakukan melalui laporan keuangan tahunan dari situs Bursa Efek Indonesia (BEI) dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Uji F yang dilakukan memperoleh hasil bahwa semua variabel berpengaruh signifikan terhadap dividen tunai. Uji t memperoleh hasil bahwa: pertama, earning after tax (EAT) berpengaruh signifikan positif terhadap dividen tunai. Hal ini sesuai dengan teori residual dan memperoleh hasil yang sama dengan penelitian Sri Hasnawati dan Novi Septriana. Kedua, quick ratio tidak berpengaruh signifikan positif terhadap dividen tunai. Hal ini berbeda dengan teori sinyal, namun hasil penelitian ini mendukung penelitian yang dilakukan oleh Neli Mu’minatin. Ketiga, asset growth berpengaruh signifikan negatif terhadap dividen tunai. Hal ini sesuai dengan teori residual dan teori siklus hidup perusahaan, serta sesuai dengan pendapat Ridwan dan Inge Barlian, serta Bambang Riyanto. Keempat, debt to total assets (DTA) tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap dividen tunai. Hal ini tidak sesuai dengan teori residual, namun hasil penelitaian ini mendukung penelitian yang dilakukan oleh Nur Hidayati dan Yeti Meliany.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibnu Qizam, SE., M.Si., Akt dan Sunarsih, SE., M.S
Uncontrolled Keywords: Dividen Tunai, Earning After Tax (EAT), Quick Ratio, Asset Growth, Debt To Total Assets (DTA).
Subjects: Keuangan Islam
Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2023 11:51
Last Modified: 18 Apr 2023 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58093

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum