PERBANDINGAN PEMBIAYAAN PROFIT AND LOSS SHARING DENGAN PEMBIAYAAN MARK UP PADA LOAN TO DEPOSIT RATIO DAN NET PROFIT MARGIN BANK SYARI’AH

Al Haq Kamal, NIM.: 07390044 (2011) PERBANDINGAN PEMBIAYAAN PROFIT AND LOSS SHARING DENGAN PEMBIAYAAN MARK UP PADA LOAN TO DEPOSIT RATIO DAN NET PROFIT MARGIN BANK SYARI’AH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN PEMBIAYAAN PROFIT AND LOSS SHARING DENGAN PEMBIAYAAN MARK UP PADA LOAN TO DEPOSIT RATIO DAN NET PROFIT MARGIN BANK SYARI’AH)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN PEMBIAYAAN PROFIT AND LOSS SHARING DENGAN PEMBIAYAAN MARK UP PADA LOAN TO DEPOSIT RATIO DAN NET PROFIT MARGIN BANK SYARI’AH)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai lembaga keuangan bank syari’ah menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan baik pembiayaan berbasis profit and loss sharing dan atau berbasis mark-up. Produk pembiayaan perbankan syari’ah berakad profit and loss sharing menggunakan standar cash flow usaha yang dibiayainya maka akan mendapatkan angsuran pokok sesuai dengan pendapatan nasabah. Profit and loss sharing memiliki potensi risiko yang besar sehingga pembiayaan ini memiliki proporsi yang kecil dalam portofolio pembiayaan bank syari’ah. Produk pembiayaan mark-up based banyak diminati oleh perbankan syari’ah dikarenakan faktor keamanan dan minimnya risiko bagi perbankan. Risiko penundaan pembayaran dalam pembiayaan berbasis mark-up dan risiko penundaaan pembayaran revenue sharing pada profit and loss sharing sangat berpengaruh terhadap posisi likuiditas dan profitabilitas suatu bank syari’ah. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu loan to deposit ratio (LDR) untuk mengukur likuiditas dan net profit margin (NPM) untuk mengukur profitabilitas bank syari’ah pada kedua jenis pembiayaan yang disebut di atas. Penelitian ini membandingkan pembiayaan profit and loss sharing dengan pembiayaan mark-up pada LDR dan NPM. Data time series dalam penelitian ini adalah 15 triwulan, dimulai triwulan I tahun 2006 sampai triwulan 8 tahun 2010 untuk PT. Bank Muamalat Indonesia, PT. Bank Syari’ah Mandiri dan PT. Bank Syari’ah Mega Indonesia. Dengan alat uji statistik independent sample t-test penelitian ini menghasilkan bahwa LDR dan NPM pada pembiayaan profit and loss sharing signifikan bebeda dengan pembiayaan mark-up. LDR profit and loss sharing lebih rendah dari pada pembiayaan mark-up. NPM profit and loss sharing lebih tinggi dari pada pembiayaan mark-up.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Syafiq Mahmadah Hanafi, S.Ag., M.Ag. dan M. Yazid Affandi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Profit And Loss Sharing, Mark-Up, Risiko Likuiditas, Profitabilitas, Independent Sample T-Test
Subjects: Keuangan Islam
Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2023 11:53
Last Modified: 18 Apr 2023 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58094

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum