PENGARUH BANTUAN MODAL, LAMA USAHA DAN PENDAMPINGAN TERHADAP PENDAPATAN ANGGOTA MISYKAT (STUDI KASUS PADA PROGRAM MICROFINANCE SYARI’AH BERBASIS MASYARAKAT DOMPET PEDULI UMMAT-DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA)

Ulfatun Hasanah, NIM.: 07390046 (2011) PENGARUH BANTUAN MODAL, LAMA USAHA DAN PENDAMPINGAN TERHADAP PENDAPATAN ANGGOTA MISYKAT (STUDI KASUS PADA PROGRAM MICROFINANCE SYARI’AH BERBASIS MASYARAKAT DOMPET PEDULI UMMAT-DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BANTUAN MODAL, LAMA USAHA DAN PENDAMPINGAN TERHADAP PENDAPATAN ANGGOTA MISYKAT (STUDI KASUS PADA PROGRAM MICROFINANCE SYARI’AH BERBASIS MASYARAKAT DOMPET PEDULI UMMAT-DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BANTUAN MODAL, LAMA USAHA DAN PENDAMPINGAN TERHADAP PENDAPATAN ANGGOTA MISYKAT (STUDI KASUS PADA PROGRAM MICROFINANCE SYARI’AH BERBASIS MASYARAKAT DOMPET PEDULI UMMAT-DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan intinya merupakan penghasilan yang diperoleh oleh seseorang setelah melakukan suatu kegiatan produksi atau kegiatan yang bersifat ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bantuan modal, lama usaha dan pendampingan terhadap pendapatan anggota MiSykat. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota MiSykat (Microfinance Syari’ah Berbasis Masyarakat) Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Yogyakarta. Selama ini program MiSykat telah memberikan dampak positif bagi anggotanya, antara lain tingkat kesejahteraan dan ekonomi anggota mengalami peningkatan setelah mengikuti program ini. Pendampingan yang dilakukan oleh DPU DT juga memberikan banyak manfaat positif bagi anggota, karena materi yang diberikan sangat dibutuhkan bagi anggota Misykat dalam menjalankan kegiatan usahanya. Pada penelitian ini variabel yang digunakan yaitu bantuan modal, lama usaha dan pendampingan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 51 orang dari populasi sebanyak 74 orang yang menjadi anggota Microfinance Syariah Berbasis Masyarakat (MiSykat) DPU-DT Yogyakarta. Metode pengambilan sampel menggunakan Convenience Sampling dengan kriteria anggota yang masih mendapatkan bantuan modal dan masih mendapatkan pendampingan secara rutin oleh DPU DT Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil Uji F menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh signifikan terhadap pendapatan sedangkan hasil Uji t untuk bantuan modal, lama usaha dan pendampingan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibnu Qizam, S.E, M. Si, Akt dan M. Ghafur Wibowo, S.E, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Modal, Ekonomi Islam, Bantuan Modal
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2023 11:57
Last Modified: 18 Apr 2023 11:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58095

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum