KOMPARASI KINERJA REKSA DANA PENDAPATAN TETAP (KONVENSIONAL DAN SYARIAH) BERDASARKAN TINGKAT RETURN DAN RISIKO

Tri Rahayu, NIM.: 07390100 (2011) KOMPARASI KINERJA REKSA DANA PENDAPATAN TETAP (KONVENSIONAL DAN SYARIAH) BERDASARKAN TINGKAT RETURN DAN RISIKO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI KINERJA REKSA DANA PENDAPATAN TETAP (KONVENSIONAL DAN SYARIAH) BERDASARKAN TINGKAT RETURN DAN RISIKO)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI KINERJA REKSA DANA PENDAPATAN TETAP (KONVENSIONAL DAN SYARIAH) BERDASARKAN TINGKAT RETURN DAN RISIKO)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal merupakan salah satu alternatif tempat investasi untuk mengelola dana masyarakat dalam perdagangan instrumen keuangan jangka panjang. Investasi di pasar obligasi menjanjikan tingkat pengembalian yang tinggi dalam kurun waktu yang lebih singkat, namun risiko kerugian yang akan dihadapi juga relatif besar. Investor membutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang tepat mengenai kinerja suatu portofolio agar dapat mengoptimalkan tingkat pengembalian dan risiko atas investasi. Penelitian yang dilakukan oleh penyusun adalah membandingkan kinerja reksa dana pendapatan tetap (konvensional dan syariah) berdasarkan tingkat return dan risiko. Pengukuran kinerja berdasarkan tingkat return dilakukan dengan metode time weighted rate of return, sedangkan pengukuran kinerja berdasarkan tingkat risiko dilakukan dengan menggunakan metode indeks Sharpe, indeks Treynor, dan indeks Jensen. Penelitian ini bersifat komparatif, yaitu membandingkan tingkat return dan risiko reksa dana syariah dengan reksa dana konvensional. Penelitian ini membahas mengenai reksa dana mana yang mempunyai kinerja lebih baik jika dibandingkan kinerja reksa dana yang lain. Alat analisis yang digunakan adalah uji beda independent sample t-test. Proksi yang digunakan sebagai aset bebas risiko adalah suku bunag SBI. Sampel yang diambil ada 10, yaitu 5 reksa dana syariah dan 5 reksa dana konvensional dari total populasi 254 reksa dana selama periode penelitian. Data yang digunakan adalah NAB/unit penyertaan masing-masing reksa dana syariah dan konvensional, suku bunga SBI, return suku bunga deposito, dan return suku bunga tabungan. Sumber data tersebut berupa data bulanan selama 18 bulan, yaitu dari tanggal 31 Desember 2008 - 31 Juni 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja reksa dana syariah dengan kinerja reksa dana konvensional, baik dari segi return maupu risiko

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Syafiq M. Hanafi, M.Ag dan M. Ghafur Wibowo, SE, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah dan Konvensional
Subjects: Keuangan Islam
Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2023 12:38
Last Modified: 18 Apr 2023 12:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58104

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum