PENGARUH KECUKUPAN MODAL, LIKUIDITAS, EFISIENSI, NON PERFORMING FINANCING (NPF), DAN PENYISIHAN PENGHAPUSAN AKTIVA PRODUKTIF (PPAP)TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2007-2010

Dian Lelasari, NIM.: 07390115 (2011) PENGARUH KECUKUPAN MODAL, LIKUIDITAS, EFISIENSI, NON PERFORMING FINANCING (NPF), DAN PENYISIHAN PENGHAPUSAN AKTIVA PRODUKTIF (PPAP)TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2007-2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KECUKUPAN MODAL, LIKUIDITAS, EFISIENSI, NON PERFORMING FINANCING (NPF), DAN PENYISIHAN PENGHAPUSAN AKTIVA PRODUKTIF (PPAP)TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2007-2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KECUKUPAN MODAL, LIKUIDITAS, EFISIENSI, NON PERFORMING FINANCING (NPF), DAN PENYISIHAN PENGHAPUSAN AKTIVA PRODUKTIF (PPAP)TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2007-2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut bank untuk meningkatkan kinerjanya agar dapat menarik investor. Investor sebelum menginvestasikan dananya memerlukan informasi mengenai kinerja perusahaan. Pengguna laporan keuangan bank membutuhkan informasi yang dapat dipahami, relevan, andal, dan dapat dibandingkan dalam mengevaluasi posisi keuangan dan kinerja bank serta berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecukupan modal yang diukur dengan rasio Capital Adequacy Ratio (CAR), likuiditas yang diukur dengan Financing to Deposit Ratio (FDR), efisiensi yang diukur dengan Net Operating Margin (NOM), Non Performing Financing (NPF), Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) terhadap Return On Asset (ROA) pada bank umum syariah di Indonesia periode 2007-2010. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria bank umum syariah di Indonesia yang menyajikan laporan keuangan periode 2007 sampai dengan 2010. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan tstatistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan, penelitian menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, yang menujukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima variabel dependen yang signifikan mempengaruhi ROA adalah variabel Financing to Deposit Ratio (FDR), Net Operating Margin (NOM) dan Non Performing Financing (NPF). Sedangkan variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) tidak signifikan mempengaruhi Return On Asset (ROA) dengan tingkat signifikansi 0,330 dan 0,420. Namun demikian penelitian ini hanya terbatas dengan 3 sampel saja dan periode pengamatan hanya 4 tahun dengan kemampuan prediksi 33,5%. Disarankan agar melakukan penelitian lanjutan dengan memasukkan rasio keuangan bank yang lain sebagai variabel independen yang mempengaruhi ROA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si dan H.M.Yazid Afandi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Return On Asset (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR), Net Operating Margin (NOM), Non Performing Financing (NPF), Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP).
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2023 12:49
Last Modified: 18 Apr 2023 12:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum