UPAYA PAGUYUBAN KALIJAWI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI LEDOK GOWOK, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Fathon Ihsan Inayatullah, NIM.: 19102030045 (2023) UPAYA PAGUYUBAN KALIJAWI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI LEDOK GOWOK, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PAGUYUBAN KALIJAWI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI LEDOK GOWOK, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
19102030045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PAGUYUBAN KALIJAWI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI LEDOK GOWOK, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
19102030045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan ekonomi masyarakat tentu membawa perubahan yang signifikan bagi masyarakat itu sendiri. Terbentuknya suatu komunitas atau organisasi juga membuat masyarakat mengalami peningkatan kapasitas diri, mulai dari sektor ekonomi, sektor sosial, hingga sektor pembangunan. Upaya paguyuban Kalijawi merupaka fokus penelitian serta menjadi objek utama dalam peningkatan ekonomi masyarakat Ledok Gowok. Penelitian ini dikaji dan dianalisis untuk mengetahui apa saja upaya paguyuban Kalijawi dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat di Ledok Gowok. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Fokus kajian teori dengan koperasi dan bisnis usaha. Teknik penentuan informam berdasarkan kriteria, tekni pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan data demi keaslian data, kemudian mereduksi data temuan tersebut, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ada beberapa upaya paguyuban Kalijawi dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat Ledok Gowok, diantaranya: Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Usaha Bersama (UB), renovasi rumah, penyediaan fasilitas umum (keran komunal), dan pelatihal pengelolaan keuangan. Selanjutnya disertai dengan hasil dari upaya-upaya paguyuban Kalijawi tersebut meliputi: mendapatkan penghasilan dari koperasi sesuai perhitungan Sisa Hasil Usaha (SHU), mendapatkan keuntungan membeli barang kebutuhan pokok lebih murah dari toko-toko lainnya, memperbaiki rumah yang tak layak huni, mampu memenejemen keuangan keluarga dengan baik dan benar, dan meningkatkan komunikasi dan bersosialisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Aminah S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: ekonomi; kesejahteraan; Paguyuban Kalijawi
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Apr 2023 13:07
Last Modified: 18 Apr 2023 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58109

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum