LAILI MUKAROMAH - NIM. 0542 0028 , (2011) IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE MODELLING THE WAY DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS HIMMATUL UMMAH KAMPAR RIAU TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE MODELLING THE WAY DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS HIMMATUL UMMAH KAMPAR RIAU TAHUN PELAJARAN 2008/2009)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE MODELLING THE WAY DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS HIMMATUL UMMAH KAMPAR RIAU TAHUN PELAJARAN 2008/2009)
BAB II,III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MTs Himmatul Ummah dengan menggunakan strategi active learning tipe modelling the way dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan strategi active learning tipe modelling the way. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Himmatul Ummah Kampar Riau kelas VII B. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan angket. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi active learning tipe modelling the way. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui soal tes yang terdiri dari pre test dan post test yang dilaksanakan pada sebelum pembelajaran berlangsung dan setelah pembelajaran berlangsung. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mempunyai tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting),observasi (observation) dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Himmatul Ummah dengan menggunakan strategi active learning tipe modelling the way dapat terlaksana dengan ditandai peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai terendah pada pre-test diperoleh nilai 5 dan pada post-test nilai tertinggi diperoleh nilai 7 sehingga terjadi peningkatan nilai hasil belajar sebesar 1,26. Sedangkan pada siklus II, pada pre-test nilai terendah diperoleh nilai 8 dan pada post-test nilai tertinggi diperoleh nilai 10 sehingga terjadi peningkatan nilai hasil belajar sebesar 1,52.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : DR. Maksudin, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Active Learning |
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Miftakhul Yazid Fuadi [staff it] |
Date Deposited: | 14 Feb 2013 16:36 |
Last Modified: | 05 Apr 2017 14:41 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5811 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |