IMPLEMENTASI TEKNIK BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW (BEI) PADA METODE WAWANCARA SELEKSI VOLUNTEER YOUTH AS THE CADRE (YATC) DI YOGYAKARTA

Adi Burrohman, NIM.: 18102040036 (2023) IMPLEMENTASI TEKNIK BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW (BEI) PADA METODE WAWANCARA SELEKSI VOLUNTEER YOUTH AS THE CADRE (YATC) DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TEKNIK BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW (BEI) PADA METODE WAWANCARA SELEKSI VOLUNTEER YOUTH AS THE CADRE (YATC) DI YOGYAKARTA)
18102040036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TEKNIK BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW (BEI) PADA METODE WAWANCARA SELEKSI VOLUNTEER YOUTH AS THE CADRE (YATC) DI YOGYAKARTA)
18102040036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Youth As The Cadre (YATC) Indonesia adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mewadahi pemuda-pemudi Indonesia dalam bidang pengabdian masyarakat khususnya di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Dengan cakupan atau sasaran kepada pemuda-pemudi seluruh Indonesia, maka segala koordinasi volunteer dilaksankan secara online. Dalam seleksi calon delegasi, YATC Indonesia menggunakan teknik Behavioral Event Interview (BEI) untuk menilai seseorang dan melihat kompetensinya. Teknik BEI adalah salah satu teknik yang digunakan dalam wawancara dengan melihat apa yang telah dilakukan. Berdasarkan hal tersebut, peniliti akan melakukan penelitian untuk mengetahui seberapa efektif implementasi teknik BEI dalam menghasilkan sumber daya manusia yang tepat dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana implementasi teknik Behavioral Event Interview (BEI) pada metode wawancara seleksi Volunteer Youth As The Cadre (YATC) Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah implementasi dari teknik behavional interview dalam seleksi volunteer YATC. Teknik validitas data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode wawancara dengan teknik Behavioral Event Interview (BEI) pada proses seleksi delegasi volunteer Youth As The Cadre (YATC) Indonesia dilakukan dengan wawancara, penerapan metode STAR. Metode STAR adalah cara terstruktur untuk menanggapi pertanyaan wawancara berbasis perilaku dengan cara mendiskusikan situasi, tugas, tindakan, dan hasil spesifik dari situasi yang digambarkan, kelebihan dari penerapan metode Behavioral Event Interview (BEI) pada proses seleksi wawancara di Youth As The Cadre. Hasil dari proses penyeleksian delegasi volunteer Youth As The Cadre (YATC) Indonesia menghasilkan beberapa kelebihan dan kekurangan. Hasil menunjukkan bahwa 7 dari sepuluh volunteer fully funded atau jika di presentasikan menjadi 70% volunteer, telah melaksanakan serangkaian kegiatan dengan aktif, cakap, dan tanggap, serta terdapat beberapa delegasi yang menjadi koordinator bidang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Muhammad Toriq Nurmadiansyah, S.Ag.,M.Si
Uncontrolled Keywords: teknik behavioral interview; wawancara; Youth As Cadre (YATC) Indonesia
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Apr 2023 09:39
Last Modified: 26 Apr 2023 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum