MANAJEMEN PEMBINAAN JEMAAH PASCA UMRAH-PADA BIRO PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH RIHAAL UMRAH DAN EDUKASI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2021

Nikmatul Avivah, NIM.: 17102040078 (2023) MANAJEMEN PEMBINAAN JEMAAH PASCA UMRAH-PADA BIRO PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH RIHAAL UMRAH DAN EDUKASI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBINAAN JEMAAH PASCA UMRAH-PADA BIRO PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH RIHAAL UMRAH DAN EDUKASI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2021)
17102040078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBINAAN JEMAAH PASCA UMRAH-PADA BIRO PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH RIHAAL UMRAH DAN EDUKASI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2021)
17102040078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rihaal Umrah dan Edukasi Yogyakarta merupakah salah satu biro penyelenggara perjalanan ibadah umrah yang beridiri sejak tahun 2016 dengan takeline edukasi yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada jemaah maupun kepada masyarakat sekitarnya. Rihaal umrah dan Edukasi Yogyakarta sebagai biro penyelenggara perjalanan ibadah umrah bertanggungjawab untuk memberikan pembinaan kepada jemaahnya. Pembinaan tidak hanya dilakukan sebelum keberangkatan dan pada saat pelaksanaan ibadah umrah, akan tetapi pembinaan juga dilakukan setelah kepulangan. Namun pada faktanya tidak banyak penyelenggara ibadah umrah yang menyelenggarakan pembinaan kepada jemaah pasca umrah. Oleh karena itu Manajemen pembinaan jemaah pasca umrah sangat diperlukan, karena dengan adanya sistem manajemen kegiatan pembinaan akan berjalan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiamana manajemen pembinaan jemaah pasca umrah pada Rihaal Umrah dan Edukasi Yogyakarta Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan teori dari T. Hani Handoko tentang manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisaisan, staffing, pengarahan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan model Miles Huberman yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Pembinaan Jemaah Pasca Umrah Pada Biro Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah Rihaal Umrah dan Edukasi Yogyakarta Tahun 2021 sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dengan adanya kegiatan menyusun rencana, pengorganisaisan, staffing, pengarahan, dan pengawasan yang dilakukan oleh Rihaal Umrah dan Edukasi Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Irfai Muslim, M.Si.
Uncontrolled Keywords: manjemen; umrah; rihaal umrah
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Apr 2023 14:20
Last Modified: 26 Apr 2023 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58126

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum