PENANAMAN AKHLAK PADA SISWA DI TK MASYITOH NDASARI BUDI II KRAPYAK KULON PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL

Lutfi Zaenur Rokhman, NIM.: 04410689 (2011) PENANAMAN AKHLAK PADA SISWA DI TK MASYITOH NDASARI BUDI II KRAPYAK KULON PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN AKHLAK PADA SISWA DI TK MASYITOH NDASARI BUDI II KRAPYAK KULON PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN AKHLAK PADA SISWA DI TK MASYITOH NDASARI BUDI II KRAPYAK KULON PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak merupakan penerus generasi yang ada sekarang. Akan tetapi, saat ini penanaman akhlak kepada siswa kurang begitu diperhatikan. Banyak anak zaman sekarang yang kurang mendapatkan pendidikan agama, padahal agama merupakan pegangan hidup. Di TK Masyitoh Ndasari Budi II akhlak ditanamkan dengan tujuan agar anak memiliki akhlak yang mulia. Dalam kenyataannya, saat pembelajaran terkadang anak-anak ribut dan ramai sendiri, sehingga tujuan pembelajaran kurang begitu optimal. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana penanaman akhlak pada anak di TK Masyitoh Ndasari Budi II, metode apa saja yang digunakan guru dalam menanamkan akhlak, serta apa fakor pendukung dan penghambat dalam merealisasikan hal tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan penyempurnaan dalam pembelajaran penanaman akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar TK Masyitoh Ndasari Budi II. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan penjelasan terhadap data yang telah dikumpulkan. Pemeriksaan data dilakukan dengan melakukan triangulasi atau membandingkan data dari pelbagai sumber dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penanaman akhlak kepada siswa dilakukan dengan berbagai metode, yaitu: metode cerita untuk menjelaskan yang terkait dengan sirah nabawiyah, tanya jawab untuk menjelaskan hal-hal yang ringan dan terkait dengan kehidupan sehari-hari, metode keteladanan dilakukan selama proses pembelajaran, dan metode pembiasaan digunakan agar siswa dapat melakukan kegiatan tersebut setelah berulang kali dilakukan. (2) Guru melaksanakan penanaman akhlak kepada siswa saat pembelajaran maupun saat istirahat. Kedekatan antara guru dan siswa begitu terlihat karena setiap guru selalu ramah kepada siswa. Guru membangun komunikasi dua arah dengan siswa. (3) Ketika ada siswa yang ribut, maka guru melakukan pelbagai langkah untuk mengatasinya. Faktor pendukung penanaman akhlak yaitu: guru memiliki kemampuan dalam menyampaikan materi, guru tidak menjaga jarak dengan siswa, guru memiliki semangat yan tinggi dalam mengajar, serta siswa aktif terlibat dalam pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat penanaman akhlak yaitu: terkadang guru membiarkan siswa yang ribut sendiri, siswa yang ribut setelah diingatkan guru kembali berulah, saat pembelajaran ada beberapa siswa yang mengantuk dan tidak fokus, adanya kebiasaan buruk sebagian siswa di rumah yang dibawa ke sekolah sehingga memengaruhi teman yang lain, serta guru tidak bisa selalu mengawasi siswa karena di sekolah hanya dua jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanaman Akhlak, Siswa TK, Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:24
Last Modified: 27 Apr 2023 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58128

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum