PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Moh. Zainulloh, NIM.: 04410746 (2011) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan aqidah akhlak seharusnya dilaksanakan oleh guru aqidah akhlak tidak hanya menekankan pada transfer pengetahuan saja, tetapi juga pada pembentukan sikap dan prilaku. Selain itu dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas guru aqidah akhlak harus kreatif dan profesional misalnya, dalam hal perumusan tujuan pembelajaran, penentuan dan pemilihan materi, metode dan media, serta sasaran pembelajaran yang menekankan pada semua aspek. Dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan : Pertama, Problematika apa saja yang dialami guru dalam proses belajar mengajar aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta; Kedua, Upaya solusi apa yang dilakukan guru guna memecahkan problematika yang ada dalam proses belajar mengajar di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Metode penelitian dalam skripsi ini : jenis penelitian kualitatif naturalistik, dan metode pengumpulan datanya : observasi, interview, dokumentasi dan angket, sedangkan analisis datanya yaitu data kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan data kuantitatif dengan prosentase. Beberapa kesimpulan dalam penelitian ini : Pertama, Problematika yang dialami guru aqidah akhlak dalam proses pembelajaran sangat kompleks, berkaitan dengan profesionalismenya. Problema tersebut meliputi : a) problema yang berhubungan dengan perumusan tujuan pembelajaran (50% guru aqidah akhlak menganggap itu problem akan tetapi problem tingkat sedang karena berada diantara 50%-74%), b) Problema yang berhubungan dengan materi pembelajaran serta penguasaannya (guru aqidah akhlak tidak menganggap penguasaan materi sebagai problem karena rata-rata mereka sudah menguasainya juga karena berada diantara 0%-24%), c) Problema yang berhubungan dengan pemilihan metode yang sesuai (hanya merupakan problem tingkat sedang karena hanya 50% guru aqidah akhlak yang menganggap itu problem), d) Problema yang berhubungan dengan penggunaan media (sama dengan problem pemilihan metode, guru yang mengalami problem hanya 50%, jadi tergolong problem tingkat sedang), e) Problema yang berhubungan dengan pelaksaan evaluasi (karena evaluasi dianggap wajib bagi seluruh guru maka 75% dari mereka tidak menganggap itu problem). Kedua, meskipun problematika yang dihadapi guru aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah sangat kompleks tetapi alternatif yang di gunakan untuk pemecahan masalah kurang begitu seimbang dengan problematika yang ada, jadi perlu adanya insiatif alternatif yang lebih mengarah lagi. Alternatif tersebut antara lain : a) Meningkatka penguasaan materi b) Peningkatan kualitas guru / SDM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sangkot, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aqidah, Akhlak, Problematika Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:28
Last Modified: 27 Apr 2023 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58129

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum