KONSEP PENDIDIKAN PANCA DHARMA KI HADJAR DEWANTARA

Denok Nilotica, NIM.: 04410773 (2011) KONSEP PENDIDIKAN PANCA DHARMA KI HADJAR DEWANTARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN PANCA DHARMA KI HADJAR DEWANTARA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN PANCA DHARMA KI HADJAR DEWANTARA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah konsep pendidikan yang dianut oleh negara Indonesia sekarang ini dirasa telah jauh dari cita-cita awal berdirinya negara ini. Konsep Pendidikan Panca Dharma Ki Hadjar Dewantara yang telah dijadikan awal semangat pembebasan dari penjajahan kolonial menjadi salah satu rujukan untuk mengembalikan jati diri bangsa Indonesia. Panca Dharma menjadi dasar dan jiwa Perguruan Taman Siswa. Dasar pendidikan ini mengacu kepada kebangsaan, kebudayaan, kemerdekaan, kemanusiaan, dan kodrat alam. Pendidikan ini pada masanya berhasil membawa manusia Indonesia kearah kebebasan manusia seutuhnya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana dan apa sebenarnya konsep pendidikan panca dharma Ki Hadjar Dewantara sehingga dulu teori pendidikan yang diusung sempat berjaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang panca dharma dan konsep pendidikan yang terkandung di dalamnya menurut Ki Hadjar Dewantara. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penerapan sistem pendidikan yang akan dipergunakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian kepustakaan, mengingat tema yang dibahas adalah tentang pemikiran tokoh pendidikan yaitu Ki Hadjar Dewantara. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan filsafat dengan metode historis faktual. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif, memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Panca Dharma Ki Hadjar Dewantara menjadi jiwa dan mendasari sistem pendidikan yang diterapkan dalam Perguruan Taman Siswa (2) Konsep pendidikan yang terkandung dalam Panca Dharma ki Hadjar Dewantara bahwa pendidikan adalah pengembangan potensi manusia yang bertumpu kepada penguatan nalar berpikir yang bermoral, beradab, dan memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kepentingan bangsa/sosial diatas kepentingan pribadi serta dengan tetap berdasar kemanusiaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendiidkan Panca Dharma, Pemikiran Ki Hadjar Dewantara, Konsep Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:32
Last Modified: 27 Apr 2023 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58130

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum