MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA)

Raras Pratiwi, NIM.: 04410831 (2011) MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN DI INDONESIA (STUDI DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah memandang proses pembelajaran di sekolah ternyata tidak menjadi media pembebasan dan penanaman nilai-nilai kemanusiaan. Sistem pendidikan yang tidak dialogis juga telah menyebabkan bakat dan kreatifitas anak didik tidak bisa berkembang secara baik. Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga mencoba menyelesaikan persoalan diatas dengan menerapkan metode pendidikan pembebasan dalam pembelajarannya. Pendidikan Pembebasan adalah model pendidikan yang bertumpu pada aspek kebebasan manusia. Tujuannya adalah menumbuhkan kesadaran peserta didik akan hak dan tanggungjawabnya. Kesadaran ini dimaksudkan untuk menumbuhkan cara berpikir kritis, mandiri, dan kreatif sebagai pengakuan dan penghormatan terhadap eksistensi anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan pendidikan pembebasan di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan teori kritis. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Berdirinya Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Salatiga didasarkan pada keinginan sederhana untuk mengumpulkan anak-anak para tetangga agar dapat belajar dengan baik, dan untuk menyadarkan masyarakat bahwa belajar tidak boleh bergantung pada apapun dan siapapun. Usaha mendirikan sekolah alternatif ini berangkat dari pengalaman obyektif masyarakat Kalibening yang menganggap bahwa pendidikan yang ada selama ini adalah tidak manusiawi dan cenderung menempatkan siswa sebagai subyek, apalagi sistem pendidikan yang ada masih dirasakan sangat birokratis dan sentralistik serta kurung terpenuhinya akses pendidikan bagi warga miskin marjinal. (2) Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dalam pelaksanaan pembelajarannya menggunakan kurikulum berbasis kebutuhan yang memposisikan peseta didik sebagai subyek, dengan memberikan kebebasan untuk berekspresi dan berkreasi, guru bertindak sebagai fasilitator yang bertugas memberikan kesempatan dan motivasi belajar bagi siswa untuk mengenali dan mengembangkan potensinya. Suasana kelas didesain sesuai dengan kebutuhan dan keinginan siswa, begitu juga dengan materi dan metode pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dinamis dan membebaskan sehingga pembelajaran berlangsung dalam suasana dialogis, tidak kaku dan menyenangkan yang terbagi dalam kegiatan pembelajaran kelas, forum dan pribadi. Desain evaluasi menggunakan evaluasi pribadi yang merupakan format bersama antara guru dan siswa, tetapi siswa lebih berperan aktif dalam proses evaluasi, karena sejatinya evaluasi adalah proses pengenalan siswa terhadap kekurangan, kelebihan, kemampuan, dan potensi yang dimilikinya. Selain itu adapula evaluasi kelas dan komunitas yang berlangsung saat kegiatan upacara dan refleksi. (3) Hasil yang dicapai dikategorikan dalam prestasi akademik dan prestasi non akademik. Prestasi akademik meliputi peningkatan nilai akademik, prestasi lomba karya ilmiah remaja, dan karya-karya lainnya. Sedangkan prestasi non akademik meliputi rasa ingin tahu yang tinggi, kejujuran, prestasi dibidang seni dan keahlian-keahlian lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan, Komunitas Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:36
Last Modified: 27 Apr 2023 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58131

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum