PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN HADIST KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Andi Rahman Kholiq, NIM.: 05410126 (2011) PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN HADIST KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN HADIST KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN HADIST KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata pelajaran Agama Islam di di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dengan berfokus pada peran guru dalam proses pembelajaran dikelas. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sabagai dasar dalam melakukan proses pembelajaran dengan melihat tahap perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, pada kelas XI IPA, XI IPS, dan XI MAK. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberi arti, makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam skripsi ini menggunakan teknik triangulasi yakni dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan : 1) Guru hanya memerankan peran guru sebagai demonstrator dan evaluator saja, guru belum bisa memerankan peran guru sebagai pengelola kelas, mediator dan fasilitator secara baik. 2) Faktor yang menjadi pendukung adalah kesiapan guru sebelum proses pembelajaran, ketersediaan buku-buku paket yang telah dimiliki para siswa, dan banyak buku pendukung yang tersedia diperpustakaan. 3) faktor yang menjadi enghambat adalah muncul dari para siswa itu sendiri yaitu banyak para siswa yang mengantuk serta tidur didalam kelas, keterbatasan media pembelajaran hadist dan materi pelajaran yang menggunakan bahasa arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Hadist, Guru, Pelaksanaan KTSP
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:52
Last Modified: 27 Apr 2023 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58135

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum