KONSEP DIALOG PAULO FREIRE SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Joko Wahyudi, NIM.: 04410664 (2011) KONSEP DIALOG PAULO FREIRE SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP DIALOG PAULO FREIRE SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP DIALOG PAULO FREIRE SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya dehumanisasi dalam dunia pendidikan. Proses pendidikan masih banyak menitik-beratkan metode pembelajarannya terhadap transfer of knowledge dari guru ke peserta didik. Pendidikan hendaknyaىmenjadi media dan aktifitas membangun kesadaranى kritis, kedewasaan dan kepribadian peserta didiknya. Paulo Freire dengan konsep dialogisnya, memberikan pemikiran bahwa pendidikan bukan sebagai pendidikan gaya bank, tetapi pendidikan harus terdapat adanya etika pendidikan yang dialogis-kritis dan menjadikan realitas kehidupan di sekelilingnya sebagai pusat perhatian pendidikan. Sebagai respon atas praktek pendidikan anti realitas, Freire mengharuskan bahwa pendidikan harus diarahkan pada proses hadap masalah. Titik tolak penyusunan program pendidikan harus beranjak dari kekinian, eksistensial, dan konkrit yang mencerminkan aspirasi-aspirasi rakyat. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sebenarnya konsep dialog Paulo Freire sebagai metode pembelajaran dan juga bagaimana pandangan Islam tentang konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dialog Paulo Freire dilihat dari kaca mata pendidikan Islam, sehingga nantinya penelitian ini dapat berguna bagi perkembangan dunia pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah filosofis konseptual, yaitu prosedur pemecahan masalah melalui proses berfikir rasional dalam bentuk pemikiran yang dalam, mendasar, dan terarah pada penemuan hakekat (konsep) tentang sesuatu yang ada dan mungkin ada. Penelitian ini menggunakan metode descriptive analysis yang digunakan untuk memberikan deskripsi terhadap subyek penelitian berdasarkan data yang diperoleh dengan tujuan untuk tidak melakukan pengujian hipotesis Hasil yang diperoleh adalah: (1) Dialog akan bisa tumbuh hanya dalam kondisi yang penuh cinta, harapan, kepercayaan kepada orang lain, sikap kritis dan kerendahan hati. (2) Pendidikan Islam didasarkan pada konsep pendidikan yang sesuai dengan al-Qur’an dan al-Hadis (3) Konsepsi dialogis Freire dan Islam memiliki koherensi logis dan epistemologis dengan titik temu antara keduanya terletak pada persamaan pandangan terhadap manusia sebagai makhluk yang mempunyai kebebasan mengembangkan potensi akalnya dan berfikir kritis. (4). Terdapat perbedaan orientasi antara konsep dialog Freire dengan pendidikan Islam. Dimana Freire lebih menekankan orientasi kemanusiaan an sich dalam konsep pendidikan pembebasannya, sementara pendidikan Islam disamping berorientasi humanistik juga mempunyai tendensi-transcendental, yaitu orientasi Ketuhanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mahmud Arief, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Paulo Freire, Pendidikan Islam, Konsep Dialog
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:55
Last Modified: 27 Apr 2023 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58136

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum