NYANYIAN DAN PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SERTA PENGUASAAN MUFRADAT SISWA DI TK AL FALAH BARON NGANJUK

Cindera A’yuni Fajrin, NIM.: 05420035 (2011) NYANYIAN DAN PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SERTA PENGUASAAN MUFRADAT SISWA DI TK AL FALAH BARON NGANJUK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NYANYIAN DAN PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SERTA PENGUASAAN MUFRADAT SISWA DI TK AL FALAH BARON NGANJUK)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NYANYIAN DAN PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SERTA PENGUASAAN MUFRADAT SISWA DI TK AL FALAH BARON NGANJUK)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan nyanyian dapat meningkatkan minat dan penguasaan mufradat siswa TK Al-Falah Baron Nganjuk dan berapakah prosentase peningkatan yang diperoleh pada minat dan penguasaan mufradat siswa TK Al-Falah Baron Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling, yaitu salah satu teknik pemilihan anggota sampel yang didasarkan atas tujuan dan pertimbangan tertentu dari peneliti. Sampel yang diambil adalah kelas B TK Al-Falah Baron Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan nyanyian dapat meningkatkan minat dan penguasaan mufradat siswa. Minat belajar bahasa Arab dengan menggunakan nyanyian, naik dari 39,67 % menjadi 68,26 %. Sedangkan penguasaan mufradat siswa, pada siklus I hasil pre-test menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 6,14 dan pada pre-test siklus II menjadi 7,62, sedangkan pada post-test siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 6,76 meningkat menjadi 8,42 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan nyanyian dapat meningkatkan minat dan penguasaan mufradat siswa di TK Al-Falah Baron Nganjuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 09:11
Last Modified: 27 Apr 2023 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58141

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum