NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK (TELAAH TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK)

Ismail HM, NIM.: 06410011 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK (TELAAH TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK (TELAAH TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK (TELAAH TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya dalam pendidikan, semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama tanpa dibeda-bedakan, baik dari segi suku, bahasa, agama, maupun budayanya. Namun pada kenyataannya masih diketemukan pendidikan yang tidak menghargai keragaman tersebut, khususnya dalam proses pembelajaran. proses pendidikan berjalan secara eksklusif, dogmatik, dan kurang menyentuh aspek moralitas. Kondisi pendidikan yang demikian tidak memadai lagi untuk masyarakat Indonesia yang plural dan multikultural. Maka perlu dilakukan transformasi para digma pendidikan di Indonesia, yakni paradigma pendidikan multikultural. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang nilai-nilai pendidikan multikultural dalam suatu proses pembelajaran. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana proses pembelajaran di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dan apa nilai-nilai multikultural di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai multukultural dalam pembelajaran PAI di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan atau masukan bagi lembaga pendidikan, khususnya bagi SMP Ali Maksum, untuk mengembangkan kurikulum pendidikan multikultural yang dapat mewujudkan generasi penerus Indonesia yang saling memahami dan bekerja sama, meski dengan latar belakang etnik, bahasa, budaya, dan agama yang berbeda-beda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil SMP Ali Maksum Krapyak sebagai tempat penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran PAI di SMP Ali Maksum telah memuat nilai-nilai multikultural, antara lain terdapat dalam materi ajar PAI pada topik “memahami Al-Asmaul Husna” dan topik “memahami sejarah Nabi Muhammad SAW”. Nilai-nilai multikultural di dalamnya yaitu: nilai demokrasi, nilai keadilan, nilai kasih sayang dan memaafkan, nilai solidaritas dan kebersamaan, serta nilai perdamaian dan toleransi. (2) nilai multikultural lain─seperti nilai demokrasi dan keragaman─juga ditemukan dalam kegiatan pembelajaran. hal ini terlihat dari keragaman tempat pembelajaran, metode pembelajaran, dan interaksi yang demokratis antara guru dan peserta didik, baik dalam pemilihan metode pembelajaran, kesesmpatan pengajuan pertanyaan, dan pelibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. (3) nilai keragaman juga terdapat dalam penggunaan evaluasi pembelajaran. dari pelaksanaannya, ada dua jenis evaluasi pembelajaran, yaitu: ujian akhir semester dan ujian tengah semester. Dari jenis evaluasinya juga beragam, yaitu: tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja/evaluasi tugas, lembar pengamatan, dan lembar kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Materi Ajar, Pembelajaran PAI, Pendidikan Multikultural
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 09:23
Last Modified: 27 Apr 2023 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58144

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum