EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS RUMAH SEBAGAI TUGAS TERSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SKI SISWA KELAS VIIIB MTS NEGERI YOGYAKARTA

Rini Handayani, NIM.: 06410030 (2011) EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS RUMAH SEBAGAI TUGAS TERSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SKI SISWA KELAS VIIIB MTS NEGERI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS RUMAH SEBAGAI TUGAS TERSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SKI SISWA KELAS VIIIB MTS NEGERI YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS RUMAH SEBAGAI TUGAS TERSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SKI SISWA KELAS VIIIB MTS NEGERI YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah anggapan siswa bahwa pelajaran SKI merupakan pelajaran yang sulit, kurang disukai, karena banyak cerita dan siswa malas untuk membaca. Beberapa asumsi tentang kurangnya minat siswa terhadap pelajaran SKI sehingga tidak menunjukkan prestasi yang diharapkan karena dominasi guru dalam proses belajar mengajar, tugas yang diberikan kurang menantang, tugas yang diberikan guru bersifat monoton atau tidak bervariasi sehingga tidak adanya daya tarik dan siswa merasa bosan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana tingkat efektivitas pemberian tugas rumah dalam meningkatkan prestasi belajar SKI dan kendala apa sajakah yang dihadapi dalam menerapkan metode pemberian tugas pada pembelajaran SKI siswa kelas VIIIB MTs N Yogyakarta II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pemberian tugas rumah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pemberian tugas rumah tersruktur pada pelajaran SKI siswa kelas VIIIB MTs N Yogyakarta II serta kendala-kendala yang dihadapi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dua pertemuan tiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan. Pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB MTs N Yogyakarta II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan test. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat efektivitas pemberian tugas rumah dalam meningkatkan prestasi belajar SKI siswa kelas VIIIB MTs N Yogyakarta II cukup efektif, dengan nilai keberhasilan 1,2 dari nilai rata-rata post test siswa yang dilakukan pada siklus I yaitu 7,6 dan nilai rata-rata post test siklus II yaitu 8,8 atau mengalami peningkatan sebesar 15,9%. (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan metode pemberian tugas rumah ialah: a) Siswa belum terbiasa dalam mengerjakan tugas, b) Siswa merasa terbebani dengan tugas rumah, c) Masih ada siswa yang melihat hasil pekerjaan teman atau belum adanya rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Tugas Rumah, Pelajaran SKI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 09:37
Last Modified: 27 Apr 2023 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58147

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum