NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SENI PERNAFASAN, PENGOBATAN DAN MENTAL SPIRITUAL DI YAYASAN MELATI SUCI YOG

Syamsul Alam, NIM.: 06410044 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SENI PERNAFASAN, PENGOBATAN DAN MENTAL SPIRITUAL DI YAYASAN MELATI SUCI YOG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SENI PERNAFASAN, PENGOBATAN DAN MENTAL SPIRITUAL DI YAYASAN MELATI SUCI YOG)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SENI PERNAFASAN, PENGOBATAN DAN MENTAL SPIRITUAL DI YAYASAN MELATI SUCI YOG)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa peserta didik (dalam hal ini adalah anggota peserta seni pernafasan) dalam mendapatkan pembelajaran tidak hanya berada dalam sekolah, akan tetapi bisa mendapatkan pembelajaran di lembaga lain yang mempunyai nilai-nilai pendidikan. Apalagi pembelajaran itu mengandung pembentukan kepribadian diri yang seimbang antara jasmani dan rohani. Sehingga diperlukan beberapa upaya yang bisa menjaga kesehatan jasmani, rohani, dan pola pikir yang merupakan kewajiban bagi setiap manusia, yaitu dengan mengimbangi olahraga atau mengolah fisik dengan banyak membaca al-Qur'an, dzikir, shalat fardhu maupun shalat sunnat. Dalam mengembangkan kepribadian diri, terdapat metode khusus yang diterapkan dalam seni pernafasan, pengobatan dan mental spiritual di Yayasan Melati Suci Yogyakarta. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah apa tujuan penerapan nilai-nilai pendidikan Islam, bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan Islam dan tingkat keberhasilannya mengikuti kegiatan seni pernafasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pemahaman anggota peserta seni pernafasan dalam mengamalkan nilai-nilai pendidikan Islam selama mengikuti kegiatan seni pernafasan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pemahaman dalam mengamalkan nilainilai pendidikan Islam yang terdapat pada seni pernafasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Yayasan Melati Suci Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil yang dicapai telah sesuai dengan harapan yang dicita-citakan dengan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam dikehidupan sehari-hari, sebagiamana yang diajarkan selama latihan seni pernafasan dengan mengamalkan secara maksimal dalam setiap aktifitas kehidupannya, baik dalam kedudukannya sebagai ‘abdullah maupun dalam posisinya sebagai khalifatullah. (2) Akan tetapi, masih ada hasil yang menunjukkan kurang baik yang disebabkan usaha dalam mencapai suatu keberhasilan, dilakukan secara tidak maksimal oleh anggota peserta seni pernafasan, sehingga dalam mengamalkan nilai-nilai pendidikan Islam belum mampu menerapkan secara maksimal di dalam realitas kehidupannya di tengah masyarakat. Beberapa faktor yang menyebabkan belum menyampai kesempurnaan dalam seni pernafasan, diantaranya adalah karena faktor minimnya motivasi dan dorongan dari internal sendiri yang menyebabkan kurangnya semangat dalam mengikuti proses pendidikan dan faktor kurangnya metode yang dipergunakan dalam latihan seni pernafasan untuk pengembangan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Afiyah, AS, M.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Pengobatan, Mental Spiritual
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 09:44
Last Modified: 27 Apr 2023 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58148

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum