PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI MAN YOGYAKARTA I

Irfandi Lesmana, NIM.: 06410054 (2011) PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI MAN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI MAN YOGYAKARTA I)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI MAN YOGYAKARTA I)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media internet oleh siswa MAN Yogyakarta I dan apa saja bentuk pengembangan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam kepada siswa yang terkandung di dalam penggunaannya. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi pengembangan intelektualitas terutama pada aspek-aspek pendidikan Islam sehingga menjadi insan paripurna yang Rahmatan lil alamin serta dapat membuka wawasan pembaca akan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdapat dalam pemanfaatan media internet. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian dan partisipatori studi yaitu pengamatan langsung yang melibatkan peneliti didalamnya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sosial yaitu penelitian terhadap rangkaian peristiwa, aktivitas, dan pola perilaku dalam kehidupan sosial (peserta didik). Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan kemudian disimpulkan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1). Penggunaan media internet di MAN Yogyakarta I terbilang cukup memuaskan, hal ini dapat terlihat dari antusias dan kecakapan para peserta didik terhadap penggunaan internet di sekolah, juga terlihat dari keseriusan untuk memfasilitasi media internet oleh pihak sekolah. Walaupun demikian, keterbatasan di dalam mengakses internet di sekolah ini menyebabkan peserta didik harus memanfaatkan internet di rumah atau warung internet. (2). Bentuk Pengembangan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada siswa dalam penggunaan media internet oleh siswa MAN Yogyakarta I ini antara lain : a) nilai Ilahiyah, yaitu nilai yang berkaitan dengan Tuhan (vertikal) diantaranya dapat menumbuhkan keimanan dan pembiasaan beribadah dengan pemanfaatan yang benar. b) nilai Insaniyah, yaitu nilai yang berkaitan dengan lingkungan dan tindakan sosial diantaranya media internet dapat menumbuhkan semangat dalam menuntut ilmu pengetahuan, silaturrahim; baik antar sesama peserta didik, guru maupun pihak lain, dan sarana dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Internet, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 09:48
Last Modified: 27 Apr 2023 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58149

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum