IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS X DAN XI IPA DAN IPS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK STUDI KASUS DI SMA ISLAM 3 SLEMAN, PAKEM

PRABOWO ADI WIDAYAT - NIM. 06420045 (2011) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS X DAN XI IPA DAN IPS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK STUDI KASUS DI SMA ISLAM 3 SLEMAN, PAKEM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS X DAN XI IPA DAN IPS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK STUDI KASUS DI SMA ISLAM 3 SLEMAN, PAKEM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS X DAN XI IPA DAN IPS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK STUDI KASUS DI SMA ISLAM 3 SLEMAN, PAKEM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah sebuah penelitian lapangan yang bertujuan khusus untuk memahami implementasi metode pembelajaran bahasa Arab oleh guru mata pelajaran bahasa Arab di sekolah tersebut bagi kelas X dan XI IPA dan IPS, disisi lain tujuan pokok lainnya adalah ingin mengetahui lebih spesifik bagaimana seorang guru mengimplementasikan sebuah metode pembelajaran bahasa Arab dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Arab di dalam kelas sehingga metode yang digunakan oleh guru dapat membantu para siswa dalam memperoleh bahasa Arab secara baik dan benar. Di dalam penelitain tersebut penulis mengkaitkan kejadian-kejadian dalam proses pembelajaran bahasa Arab dengan konteks teoritis psikolinguistik pendidikan yakni yang mengkaji aspek-aspek pendidikan dalam pendidikan formal di sekolah. Dalam hal ini adalah peranan bahasa dan dan pengajaran keterampilan berbahasa, serta mengetahui tentang peningkatan kemampuan menyampaikan berbahasa dalam proses memperbaiki kemampuan menyampaikan ide dan perasaan yang dimediasi pada aspek cara pemerolehan bahasa kedua. Oleh sebab itu, dapatlah kita pahami bahwa apabila sebuah metode pembelajaran bahasa Arab yang dimplementasikan oleh guru dengan menggandeng konsep psikolinguistik pendidikan ini maka peran metode pembelajaran bahasa Arab sangat membantu para siswa untuk memperoleh pengetahuan dari bahasa Arab tersebut. Hasil ini penelitian menunjukkan bahwa, impelementasi metode pembelajaran bahasa Arab dalam kegiatan belajar mengajar pada kelas X dan XI IPA dan IPS oleh guru bahasa Arab sangat membantu para siswa dalam mempelajari bahasa kedua tersebut yakni bahasa Arab, dengan klasifikasi antara lain proses KBM bahasa Arab di dalam kelas dan implementasi metode pembelajaran bahasa Arab oleh guru yang bersangkutan. Dari penelitian ini pula dapat diketahui bahwa di dalam KBM bahasa Arab di kelas sebagian besar siswa mengikutinya dengan antusias meskipun kejadiankejadian kecil masih terjadi, disisi lain guru bahasa Arab tersebut dapat mengimplementasikan metode pembelajaran bahasa arab sejalan dengan konteks teoritis psikolinguistik pendidikan dengan implementasi yang baik dan sesuai dengan prosedur pembelajaran bahasa Arab, meskipun terdapat beberapa instrument pembelajaran yang tidak ada seperti kurikulum dan buku panduan pelajaran bahasa Arab bagi semua kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Adzfar Ammar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 21 Mar 2024 11:08
Last Modified: 21 Mar 2024 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5815

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum