PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS V SD ISLAM “AL-ISLAM” SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011

R. Moehamad Lukman Fatin, NIM.: 06410061 (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS V SD ISLAM “AL-ISLAM” SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS V SD ISLAM “AL-ISLAM” SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS V SD ISLAM “AL-ISLAM” SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran masih banyak guru yang menganggap bahwa guru adalah sumber utama dalam pembelajaran, sehingga pemahaman siswa terhadap materi hanya sebatas pada apa yang disampaikan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu adanya perubahan dalam penyampaian materi pelajaran terhadap siswa didik. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang model pembelajaran kontekstual dan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap pelajaran PAI, dan bagaimana peningkatan pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI pada siswa kelas V SD Islam Al-Islam Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran kontekstual dan peningkatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI di SD Islam Al-Islam Sleman Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SD Islam Al-Islam Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi dan menyajikan data tersebut sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran kontekstual diterapkan pada siswa kelas V SD Islam Al-Islam Sleman dengan menerapkan 7 komponen pembelajaran kontekstual, yaitu pada kegiatan awal dengan menerapkan komponen Constructivism (konstrukstivisme) dan Inquiry (menemukan), pada kegiatan inti diterapkan komponen Question (bertanya), Learning Community (masyarakat belajar), Modelling (pemodelan), Reflection (refleksi) dan Authentic Assessment (penilaian nyata). Penerapan komponen pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru PAI berada pada kategori baik. 2) Model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan nilai pada setiap aspek-aspek pemahaman siswa, yaitu pada aspek translasi nilai rata-rata pada siklus I adalah 3, sedangkan rata-rata pada siklus II adalah 4 atau meningkat 1,5 dari siklus I. Sedang pada aspek interpretasi rata-rata pemahaman siswa berada pada siklus I adalah 3,sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya menjadi 4,5. Begitu juga pada aspek ekstrapolasi nilai rata-rata pemahaman siswa mengalami peningkatan 1 nilai, yang semula nilainya 3,5 pada siklus I menjadi 4,5 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Siswa, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 09:54
Last Modified: 27 Apr 2023 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58151

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum