PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs NU RAUDLATUL MU’ALLIMIN WEDUNG DEMAK BERDASARKAN ASAL SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Faiz Luzmi, NIM.: 06420066 (2011) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs NU RAUDLATUL MU’ALLIMIN WEDUNG DEMAK BERDASARKAN ASAL SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs NU RAUDLATUL MU’ALLIMIN WEDUNG DEMAK BERDASARKAN ASAL SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs NU RAUDLATUL MU’ALLIMIN WEDUNG DEMAK BERDASARKAN ASAL SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

belajar bahasa Arab antara siswa yang berasal dari MI dan SD. Munculnya asumsi tersebut disebabkan perbedaan kurikulum antara keduanya, khususnya mata pelajaran bahasa Arab. Yaitu tidak adanya mata pelajaran bahasa Arab dalam kurikulum SD, sehingga siswa yang berasal dari SD dianggap belum mempunyai kemampuan yang baik dalam bahasa Arab jika dibandingkan dengan sisiwa yang berasal dari MI yang sudah mendapatkan mata pelajaran bahasa Arab sebelumnya. Begitu juga yang terjadi di MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung Demak yang siswanya mempunyai latar belakang pendidikan yang berbeda. Hal ini dianggap mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang berasal dari MI dan SD dalam prestasi belajar bahasa Arab. Selain itu juga mencari berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, baik faktor internal maupun eksternal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, dengan mengambil latar MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung Demak sebagai subyek penelitian dengan mengambil 60 siswa sebagai sample penelitian, 30 siswa berasal dari lulusan MI dan 30 siswa berasal dari SD.pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji “t” untuk menganalisa data kuantitatif, sedangkan untuk menganalisa data kualitatif dengan menginterpretasikan data secara obyektif dalam bentuk kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berasal dari MI dan SD, yaitu hanya sebesar 0,794. Nilai ini lebih kecil jika dibandingkan dengan harga df atau db sebesar 60 baik pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,00 ataupun pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,65. Oleh karena itu hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis nihil diterima, yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang berasal dari MI dan siswa yang berasal dari Sddalam prestasi belajar bahasa Arab di MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung Demak. Hal ini dikarenakan adanya berbagai faktor yang sama-sama mendukung siswa tersebut untuk mengikuti proses belajar dengan baik, sehingga mampu meraih dan mendapatka hasil belajar bahasa Arab yang sama-sama baik. Berbagai faktor tersebut diantaranya adalah faktor internal siswa yang meliputi tingkat intelegensi (kecerdasan), sikap belajar, motivasi, dan minat siswa dalam belajar, juga faktor eksternal siswa yang meliputi lingkungan belajar, keluarga, dan fasilitas belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Prestasi Belajar, Pendidiikan
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 11:54
Last Modified: 27 Apr 2023 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58160

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum