ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM BUKU MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI MADRASAH ALIYAH KARYA DJEDJEN ZAINUDDIN DAN MUNZIER SUPARTA

Frangky Sutrisno, NIM.: 07410006 (2011) ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM BUKU MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI MADRASAH ALIYAH KARYA DJEDJEN ZAINUDDIN DAN MUNZIER SUPARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM BUKU MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI MADRASAH ALIYAH KARYA DJEDJEN ZAINUDDIN DAN MUNZIER SUPARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM BUKU MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI MADRASAH ALIYAH KARYA DJEDJEN ZAINUDDIN DAN MUNZIER SUPARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini bermula dari pengertian gender dan seks. Pemahaman mengenai kedua hal tersebut jika dipahami dengan benar, maka tidak akan ada ketimpangan yang terjadi antara laki-laki dan perempuan. Ada beberapa sikap bias gender dalam masyarakat, yaitu: Stereotip, Subordinasi, Marginalisasi, dan Double Burden, Violence. Masing-masing sikap tersebut memberikan peluang yang besar untuk terjadinya bias gender.Islam adalah agama yang memberikan rahmat bagi seluruh alam. Jika mengingat sejarah terdahulu mengenai rakyat jahiliyah yang selalu mengesampingkan peran perempuan. Perempuan pada zaman jahiliyah dahulu tidak mempunyai peran penting dan dianggap adanya perempuan hanya akan memberikan malapetaka. Sedangkan laki-laki lebih di utamakan dalam berbagai hal. Karena laki-laki memberikan peran penting dalam peperangan, perekonomian, dan bidang publik pada umumnya. Tujuan pendidikan agama Islam adalah mewujudkan manusia dewasa yang sempurna sehat jasmani, rohani dan sejahtera bahagia yang rabbany. Tujuan ini akan tercapai jika pendidikan itu memberikan kebebasan pada peserta didik dari ikatan-ikatan yang membelenggu. Berangkat dari hat tersebut diatas, penelitian ini hendak mengkaji kesetaraan dalam buku mata pelajaran terutama terhadap materi yang masih bias gender. Adapun rumusan masalahnya adalah: pertama, Apa saja materi fikih kelas XI karya Djdedjen Zainuddin dan Munzier Suparta yang terkait relasi gender?. Kedua, Apakah materi-materi yang terkait relasi gender tersebut mengandung nilai bias gender? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kesetaraan gender. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan analisis kesetaraan gender. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa materi yang terkandung dalam buku fikih kelas XI karya Djedjen Zainuddin dan Munzier Suparta, mengandung dua kategori materi, yaitu kesetaraan gender dan bias gender. Adapun materi berkesetaraan gender adalah: pembunuhan, pencurian, zina, dan minum-minuman keras. Sedangkan untuk materi yang bias gender yaitu: ketentuan hakim perempuan, pembagian warisan, kewajiban suami dan istri, wali dan saksi dalam pernikahan, talak, dan rujuk. Materi-materi tersebutlah yang dianggap peneliti layak untuk diteliti dan dicari kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Materi Fikih, Djedjen Zainuddin, Munzier Suparta, Relasi Gender
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Hukum Islam > Fiqih
Gender
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2023 14:47
Last Modified: 27 Apr 2023 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58168

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum