PEREMPUAN DAN MODERNITAS AGAMA: Studi terhadap Gerakan Komunitas Perempuan Bercadar di Lombok Nusa Tenggara Barat

Fadhilatillaili Arianingsih, NIM.: 19107020013 (2023) PEREMPUAN DAN MODERNITAS AGAMA: Studi terhadap Gerakan Komunitas Perempuan Bercadar di Lombok Nusa Tenggara Barat. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEREMPUAN DAN MODERNITAS AGAMA: Studi terhadap Gerakan Komunitas Perempuan Bercadar di Lombok Nusa Tenggara Barat)
19107020013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEREMPUAN DAN MODERNITAS AGAMA: Studi terhadap Gerakan Komunitas Perempuan Bercadar di Lombok Nusa Tenggara Barat)
19107020013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan teknologi dan informasi ditengah masyarakat sangatlah pesat. Akibatnya pola pikir masyarakat menjadi sangat terbuka sehingga memunculkan banyak gerakan sosial dalam kehidupan masyarakat diantaranya seperti gerakan sosial keagamaan yang memiliki beragam macam tujuan dan motif hendak diperoleh oleh suatu kelompok di masyarakat. Hal ini terlihat pada aktifnya gerakan komunitas perempuan bercadar di Lombok. Hadirnya komunitas perempuan bercadar sebagai bentuk peduli sosial keagamaan kepada masyarakat yang dilakukan oleh para perempuan perempuan bercadar di Lombok. Penelitian ini menggunakan teori mobilisasi sumberdaya (Resource Mobilization Theory) yang ditinjau dari perspektif sosiologis sehingga menunjukkan bahwa gerakan komunitas perempuan bercadar di Lombok merupakan bentuk gerakan pemberdayaan masyarakat berbasis sosial keagamaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian yakni para founder, ketua, dan pengurus komunitas perempuan bercadar di Lombok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Adapun uji keabsahan data menggunakan metode teknik triangulasi yaitu teknik pemeriksaan validitas data menggunakan dua atau lebih sumber guna memperoleh gambaran tentang fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas perempuan bercadar di Lombok sebagai gerakan sosial keagamaan yang memberikan manfaat sosial kepada masyarakat. Terdapat banyak program yang diselenggarakan oleh komunitas sehingga manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat baik dari segi keagamaan, budaya, pendidikan dan sosial. Seperti adanya program gerakan menutup aurat yang diselenggarakan untuk masyarakat umum, aksi peduli sosial dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, gedor sekolah pelosok guna memaksimalkan pendidikan pada masyarakat pedalaman dengan pemanfaatan media teknologi untuk memperoleh partisipan yang kolektif. Komunitas perempuan bercadar di Lombok bukan saja menjadi simbol dari pergerakan para perempuan bercadar melainkan menjadi bentuk kritik terhadap sistem yang kurang berpihak terhadap perempuan sehingga memunculkan motivasi untuk memperjuangkan hak dan kelas sosial perempuan bercadar hingga hasil lapangan menunjukkan bahwa para perempuan bercadar telah menjadi publik figure yang sering dijadikan contoh oleh masyarakat. hal ini terlihat dari suksesnya berbagai program komunitas yang disambut baik oleh masyarakat di Pulau Lombok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Norma Permata, S.Ag.,M.A.,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Cadar, Modernitas
Subjects: Sosiologi
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Apr 2023 14:36
Last Modified: 27 Apr 2023 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58174

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum