NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM FILM “SANG MURABBI” (TINJAUAN ISI DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)

Renna Vindhy Magdhalena, NIM.: 07410040 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM FILM “SANG MURABBI” (TINJAUAN ISI DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM FILM “SANG MURABBI” (TINJAUAN ISI DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM FILM “SANG MURABBI” (TINJAUAN ISI DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya media yang bisa dimanfaatkan dalam penyampaian pesan pada saat ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi, salah satunya adalah media elektronik. Saat ini, media eletronik merupakan salah satu bagian yang turut mengambil posisi cukup besar dalam menyampaikan suatu pesan, karena media elektronik (terutama televisi) sangat diminati dan dikenal dikalangan masyarakat luas. Dalam hal ini, penyampaian pesan melalui televisi banyak diangkat dan dijumpai melalui sebuah tontonan yang dikenal dengan film. Film selain dijadikan sebagai media hiburan, seharusnya mampu diprioritaskan sebagai media yang efektif dan kreatif dalam menyampaikan pesan-pesan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui penelitian kepustakaan (library research), dengan mengambil obyek film “Sang Murabbi”. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang nilai pendidikan yang tertanam dalam film “Sang Murabbi”. Pendekatan penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan seni sastra dangan menggunakan teori Semiotika serta pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis materi (content analysis) yaitu suatu teknik penelitian untuk membuat inferensi yang dapat ditiru (replicate) dan shahih data dengan mempertimbangkan konteksnya, dalam artian bahwa teknik ini digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan yang penggarapannya dilakukan secara obyektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film “Sang Murabbi” mengandung beberapa nilai pendidikan Islam, yaitu nilai keimanan, nilai syariah/ibadah, dan nilai akhlak. Dalam film ini ada beberapa metode pendidikan yang diterapkan, yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi, perumpamaan, keteladanan dan sosio-drama. Film ini aman untuk dikonsumsi bagi masyarakat umum sehingga dipandang sangat relevan sebagai media dalam pendidikan. Dengan penelitian ini, peneliti berharap skripsi ini bisa menjadi kontribusi besar yang berfungsi untuk memperkaya khazanah keilmuan tentang pola pendidikan yang relevan dalam konteks pendidikan masa sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Film “Sang Murabbi”, Aqidah/Keimanan, Syariah/Ibadah, Akhlak
Subjects: Media massa > Film
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:07
Last Modified: 28 Apr 2023 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum