UNSUR-UNSUR KECERDASAN EMOSI DAN SPIRITUAL (ESQ) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Musonif Efendi, NIM.: 07410044 (2011) UNSUR-UNSUR KECERDASAN EMOSI DAN SPIRITUAL (ESQ) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UNSUR-UNSUR KECERDASAN EMOSI DAN SPIRITUAL (ESQ) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UNSUR-UNSUR KECERDASAN EMOSI DAN SPIRITUAL (ESQ) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa seringkali ditemukan anakanak yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi namun tidak pandai mengelola kecerdasan emosinya, sehingga ia memiliki masalah di dalam kehidupannya, dikarenakan pelaksanaan pendidikan di Indonesia selama ini terlalu menekankan arti penting nilai akademik, kecerdasan otak atau IQ saja. jarang sekali ditemukan pendidikan tentang integritas, kejujuran, komitmen, visi, kreatifitas, ketahanan mental, kebijaksanaan, dan keadilan yang termasuk unsur-unsur ESQ, sehingga dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Piyungan berusaha menanamkan nilainilai/ unsur-unsur (ESQ) terhadap peserta didiknya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah pelaksanaan PAI, Apa sajakah unsur-unsur ESQ dalam pembelajaran PAI, dan Bagaimana hasil pembelajaran PAI dalam membentuk Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ) siswa di SMAN 1 Piyungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan PAI, unsur-unsur ESQ dalam pembelajaran PAI dan hasil pembelajaran PAI di SMAN 1 Piyungan dalam membentuk ESQ siswa kelas XI. Hasil penelitian ini di harapkan dapat memotivasi sekolah untuk selalu membina ESQ siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMAN 1 Piyungan kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dokumentasi dan didukung angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan meng-crosscheck-kan hasil wawancara siswa dengan hasil wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Materi PAI di SMA N 1 Piyungan terdiri dari akhlak, tarikh, fiqih, al-Qur'an dan aqidah yang diajarkan 3 jam dalam seminggu dengan alokasi waktu 1 X 45 menit. Materi yang berkaitan dengan ESQ tentang berakhlak kepada Allah SWT, rosul, orang tua, guru dan diri sendiri serta didukung program-program PAI. (2) Dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Piyungan terdapat unsur-unsur kecerdasan emosi dan spiritual (ESQ) yang telah di aktualisasikan oleh siswa yaitu: kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, visioner, adil dan empati/kepedulian. (3) Hasil dari angket kecerdasan emosi dan spiritual siswa dengan sampel 51 siswa, nilai rata-rata/mean 95,049 dan standar deviasi 3,804 apabila dikonsultasikan dengan patokan nilai standar berskala lima dapat dikelompokan baik dengan persentase, dalam kategori (kurang/jelek) berjumlah 15 siswa (29,42%) sedangkan sisanya yaitu 36 siswa (70,58%) merupakan dalam kategori sedang, baik dan sangat baik. Hal ini berarti secara mayoritas hasil pembelajaran PAI dalam membentuk ESQ siswa kelas XI Di SMAN 1 Piyungan dapat dikatakan memiliki nilai atau hasil yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:10
Last Modified: 28 Apr 2023 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58178

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum