NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK KEPADA ORANG TUA DALAM SYAIR LAGU KARYA RHOMA IRAMA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Wahyu Eko Pambudi, NIM.: 07410047 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK KEPADA ORANG TUA DALAM SYAIR LAGU KARYA RHOMA IRAMA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK KEPADA ORANG TUA DALAM SYAIR LAGU KARYA RHOMA IRAMA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK KEPADA ORANG TUA DALAM SYAIR LAGU KARYA RHOMA IRAMA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah syair lagu karya Rhoma Irama yang berkenaan dengan akhlak kepada orang tua sebagai media dalam praktik pembelajaran akhlak kepada orang tua karena kesesuaian makna dari setiap lagunya sehingga memudahkan peserta didik untuk memahami materi dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kumpulan syair lagu karya Rhoma Irama tepat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran akhlak terhadap orang tua karena sebagian besar dari lagu-lagunya tersebut sesuai dengan materi pendidikan pada umumnya dan pendidikan islam pada khusunya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai akhlak kepada orang tua yang terkandung dalam syair lagu karya Rhoma Irama dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam dimana merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mengadakan reduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, mengkategorisasikan, kemudian yang terakhir adalah mengadakan pemeriksaan keabsahan data dan menafsirkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak kepada orang tua, nilai tersebut meliputi delapan unsur pokok yaitu nilai taat, hormat, silaturrahim, kasih saying, berkata mulia, mendahulukan kepentingan keduanya, menafkahi, serta mendo’akan keduanya. (2) Terdapat relevansi nilainilai pendidikan akhlak kepada orang tua dalam syair lagu Rhoma Irama dengan pendidikan agama Islam karena sama-sama membentuk manusia untuk berkembang secara spiritual, intelektual, serta berkepribadian muslim yang berakhlak mulia dalam rangka melaksanakan tugas kekhalifahan dan peribadatan kepada Allah untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Lagu Islami, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Musik
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:17
Last Modified: 28 Apr 2023 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum