PERAN PENDIDIK DALAM NOVEL “LITTLE MEN” KARYA LOUISA MAY ALCOTT DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Agustia Rahman, NIM.: 07410075 (2011) PERAN PENDIDIK DALAM NOVEL “LITTLE MEN” KARYA LOUISA MAY ALCOTT DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENDIDIK DALAM NOVEL “LITTLE MEN” KARYA LOUISA MAY ALCOTT DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENDIDIK DALAM NOVEL “LITTLE MEN” KARYA LOUISA MAY ALCOTT DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Fenomena kurangnya pemahaman guru terhadap peran-perannya perlu mendapat perhatian dalam sistem pendidikan di Indonesia pada umumnya dan pendidikan Islam Khususnya, karena pendidikan agama Islam turut berperan dalam sistem pendidikan nasional. Terlebih guru agama dalam hal ini adalah guru pendidikan agama Islam yang di percaya masyarakat mampu memberikan landasan hidup dan nilai-nilai moral agar anakanaknya tidak mudah terseret dalam arus globalisasi dengan memberikan pendidikan dari segi normatif dan terapan dari agama Islam. Berawal dari masalah di atas, penyusun berharap guru dapat lebih memahami peranya dengan membaca novel Little Men karena dalam novel tersebut terdapat peran guru yang patut diteladani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidik dalam novel Little Men dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan obyek novel Little Men. Pendekatanya adalah hermeneutik yaitu pendekatan dengan menafsirkan makna yang ada dalam novel. Pengumpulan datanya menggunakan content analysis terhadap isi dari novel Little Men. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa Peran pendidik yang tampak dalam Novel Little Men terdapat 10 (sepuluh) peran, yang kesemuanya dapat diidentifikasi dan dipilah menjadi dua bagian, yaitu peran yang terfokus kepada pengembangan potensi dirinya dan peran pendidik yang terfokus terhadap pengembangan potensi peserta didik. Adapun peran guru dalam pengembangan potensi dirinya yaitu: peran sebagai demonstrator dan mediator. Sedangkan peran pendidik dalam pengembangan peserta didik yaitu sebagai korektor, inspirator, informator, motivator, pengelola kelas, fasilitator, evaluator dan administrator. Keterkaitan antara peran pendidik dalam Novel Little Men dengan pendidikan Agama Islam dapat dilihat dari peran pendidik sebagai mu’alim, murabby, mursyid, mudarris, mu’addib, dan ustadz, karena ke semua peran terebut terdapat dalam novel Little Men.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Novel Little Men, Pendidikan Agama Islam, Pendidik/Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:49
Last Modified: 28 Apr 2023 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58185

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum