HUBUNGAN PERBANDINGAN SOSIAL DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN CITRA TUBUH PADA REMAJA AWAL PENGGUNA INSTAGRAM

Nuning Yuli Astuti, NIM.: 18107010068 (2023) HUBUNGAN PERBANDINGAN SOSIAL DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN CITRA TUBUH PADA REMAJA AWAL PENGGUNA INSTAGRAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PERBANDINGAN SOSIAL DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN CITRA TUBUH PADA REMAJA AWAL PENGGUNA INSTAGRAM)
18107010068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PERBANDINGAN SOSIAL DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN CITRA TUBUH PADA REMAJA AWAL PENGGUNA INSTAGRAM)
18107010068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mengembangkan citra tubuh yang positif di tengah maraknya penggunaan media sosial Instagram dapat menimbulkan perilaku perbandingan sosial dan dinamika pertemanan yang dimiliki remaja. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi remaja. Remaja menilai citra tubuh yang dimiliki melalui sebuah perbandingan sosial dan juga dukungan teman sebaya yang diterima akan memengaruhi penilaian citra tubuh yang negatif ataukah positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perbandingan sosial dan dukungan teman sebaya terhadap citra tubuh pada remaja awal pengguna Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur menggunakan skala citra tubuh, skala perbandingan sosial dan skala dukungan teman sebaya. Sampel pada penelitian ini adalah 70 orang remaja awal berusia 12-15 tahun yang berdomisili di D. I. Yogyakarta dan menggunakan media sosial Instagram. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan sosial memiliki hubungan negatif dengan citra tubuh dengan nilai sig. 0.009 (p < 0.05) dan nilai t -2.69 sedangkan, dukungan teman sebaya memiliki hubungan positif dengan nilai sig. < 0.001 (p < 0.05) dan nilai t 6.29. Perbandingan sosial dan dukungan teman sebaya secara bersamaan memberikan sumbangan efektif sebesar 47.8% terhadap citra tubuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ismatul Izzah., S. Thi., M. A
Uncontrolled Keywords: body image; social comparison; peer support; Instagram
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 May 2023 13:18
Last Modified: 02 May 2023 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum