IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DI DESA BARENG KECAMATAN SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO

Indah Kurniawati, NIM.: 18107020015 (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DI DESA BARENG KECAMATAN SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DI DESA BARENG KECAMATAN SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO)
18107020015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (46MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DI DESA BARENG KECAMATAN SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO)
18107020015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah salah satu program penanggulangan kemiskinan, salah satu tujuanya adalah untuk mengurangi beban pengeluaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan ini diadakan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur sesuai dengan cita-cita bangsa dan negara perlu adanya program yang berkelanjutan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan yaitu teori Implementasi Kebijakan oleh Van Meter dan Van Horn dan teori Partisipasi. Hasil dari penelitian mengenai Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Bareng Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro dalam tahapan implementasi program telah berjalan dengan baik dimulai dari tahap persiapan, tahap edukasi dan sosialisasi, tahap regristasi dan pembukaan rekening, tahap penyaluran dan yang terakhir yaitu tahap pemanfaatan. Adapun yang belum memenuhi kebijakan program yaitu ketepatan waktu penyaluran bantuan BPNT dimana di dalam buku Pedoman Umum Pelaksanaan Program BPNT proses penyaluran dilakukan tanggal 10 setiap bulanya tetapi fakta dilapangan penyaluran dilakukan dua bulan sekali. Untuk ketepatan sasarannya masih belum tepat karena masih ada masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan tersebut tetapi belum mendapatkan. Beberapa kendala lainya yaitu pada mesin EDC yang masih bermasalah seperti tidak adanya sinyal atau eror.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti, S.Sos, M.A
Uncontrolled Keywords: implementasi; Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 May 2023 13:53
Last Modified: 02 May 2023 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum