NILAI – NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Doni Setiyono, NIM.: 07410103 (2011) NILAI – NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI – NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI – NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMA Negeri 5 Yogyakarta dan untuk mengetahui implikasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap perilaku siswa anggota Palang Merah Remaja (PMR) di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Dengan tema penelitian diatas, karena ekstrakurikuler PMR adalah ekstrakurikuler yang bergerak di bidang kemanusiaan, yang sarat akan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatannya terutama kegiatan pembelajarannya di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini untuk dijadikan rujukan bagi pengembangan intelektualitas terutama pada aspek-aspek pendidikan Islam yang bersifat kemanusiaan serta dapat membuka wawasan pembaca akan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian dan partisipatori studi yaitu pengamatan langsung yang melibatkan peneliti didalamnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi agama yaitu penelitian terhadap rangkaian peristiwa, institusi, organisasi dan pola perilak dalam kehidupan umat. Sehingga peneliti berusaha memahami peristiwa, fenomena maupun tindakan sosial dalam masyarakat dengan sasaran agama sebagai perwujudan sosial. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1). Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMA Negeri 5 Yogyakarta adalah dimensi spiritual yaitu: Iman kepada Allah, iman kepada Kitab Allah, iman kepada Malaikat Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada Hari Akhir, iman kepada Qada dan Qadar, dan takwa. Dimensi Budaya berupa: tanggung jawab sosial yaitu; berkarya dan berbakti kepada masyarakat, membiasakan hidup sehat, mempromosikan perilaku hidup bersih sehat, menyebarluaskan pentingnya kesehatan remaja, mengajarkan nilai tentang kekeluargaan dan persahabatan. Tanggung jawab nasionalisme yaitu; kesiapsiagaan penanggulangan bencana, kampanya donor darah. Dimensi Kecerdasan berupa: semangat, antusias, kreatif dan disiplin.(2). Implikasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap perilaku siswa anggota PMR di SMA Negeri 5 Yogyakarta dibagi menjadi 2 yaitu bentuk perilaku sosial, seperti; tenggang rasa dengan berlainan agama, menghormati orang lain, menjalin persahabatan, senang menolong orang, tidak membeda-bedakan orang dalam menolong atau bergaul, suka memaafkan, sopan dan ramah, aktif dikelas dan membantu temannya belajar. Bentuk perilaku keagamaan, seperti: dimensi spiritual; membaca doa setiap awal latihan, melaksanakan ibadah shalat ashar, bersikap pemaaf terhadap kesalahan orang lain, menolong siswa yang sakit disekolah dengan ikhlas, bersikap disiplin dan hati-hati dalam memberikan pertolongan, tidak membuang sampah sembarangan, menghormati kepada yang lebih tua, selalu meminta izin dalam memberikan pertolongan, tidak memaksakan menolong apabila tidak mampu. Dimensi kebudayaan berupa: tanggung jawab nasionalisme; siap siaga bencana, membuat program donor darah. Dimensi kecerdasan; selalu memperhatikan penjelasan pelatih dan bertanya, melakukan impovisasi apabila tidak ada alat dalam melakukan pertolongan, melakukan tindakan penilaian dalam pemberian pertolongan dengan tepat dan disiplin, cermat dan disiplin mengikuti aturan dalam melakukan pemeriksaan fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Sosial, Palang Merah Remaja, Kegiatan Ekstrakurikuler, Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 08:09
Last Modified: 03 May 2023 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58235

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum