PERANAN PERPUSTAKAAN SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI

Muamalatun Najah, NIM.: 07410106 (2011) PERANAN PERPUSTAKAAN SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN PERPUSTAKAAN SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERANAN PERPUSTAKAAN SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa perpustakaan merupakan salah satu sumber pembelajaran sangat penting bagi kelangsungan kegiatan belajar mengajar siswa. Perpustakaan juga merupakan sarana untuk menumbuhkembangkan minat dan kebiasaan membaca para siswa. Dengan membaca pengetahuan dan informasi menjadi bertambah. Dalam kenyataan minat baca siswa SMAN 1 Piyungan Bantul masih rendah. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peranan perpustakaan, apa upaya yang dilakukan perpustakaan, dan apa faktor pendukung dan penghambat perpustakaan SMAN 1 Piyungan Bantul dalam meningkatkan minat baca mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas XI. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peranan perpustakaan, upaya perpustakaan, dan faktor pendukung dan penghambat perpustakaan SMAN 1 Piyungan dalam meningkatkan minat baca. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan peranan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMAN 1 Piyungan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perpustakaan SMAN 1 Piyungan telah melaksanakan peranannya sebagai sumber informasi dan sarana dalam meningkatkan minat baca, hal ini dapat dilihat bahwa perpustakaan telah menjalankan fungsi sebagai sumber belajar, rekreasi, dan riset atau penelitian sederhana serta memberikan pelayanan kepada siswa setiap hari kerja. Dalam peranannya sebagai penopang peningkatan minat baca perpustakaan juga telah berperan, baik dalam penyediaan berbagai bahan pustaka maupun dalam memberikan pelayanan. 2) Upaya yang dilakukan oleh perpustakaan SMAN 1 Piyungan yaitu melengkapi koleksi sesuai dengan kebutuhan siswa, meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik, membeli buku baru yang dapat menarik siswa datang ke perpustakaan, sosialisasi buku baru, kerja sama dengan para guru, dan mengadakan kegiatan perlombaan. 3) Faktor pendukung meliputi menyediakan koleksi, ramah dalam pelayanan, kebersihan ruang perpustakaan, pemberian penghargaan kepada siswa, dan tempat untuk mencari informasi yang terbaru. Sedangkan faktor penghambat meliputi fasilitas kurang memadai, koleksi buku dominan pada buku paket, terbatasnya waktu berkunjung perpustakaan, terbatasnya dana untuk perpustakaan, dan SDM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peprustakaan Sekolah, Minat Baca, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Perpustakaan > Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 08:15
Last Modified: 03 May 2023 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58237

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum