PENERAPAN METODE HADIAH DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII A DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KALA

Murtina, NIM.: 07410113 (2011) PENERAPAN METODE HADIAH DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII A DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KALA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE HADIAH DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII A DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KALA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE HADIAH DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII A DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KALA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah cara pemberian motivasi yang masih digunakan yaitu dengan cara pemberian angka dan mengerjakan tugas, tanpa adanya sentuhan kreasi yang unik dan motivasi setiap harinya sehingga menimbulkan kebosanan dan kejenuhan pada siswa. Akibatnya motivasi belajar siswa rendah. Untuk memperbaiki keadaan tersebut peneliti bersama guru mencoba untuk dalam pembelajaran adanya stimulus yang diberikan kepada anak melalui pemberian hadiah. Dimana guru sekali-kali memberikan penghargaan atau hadiah kepada anak dengan tujuan peserta didik untuk lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran untuk lebih giat lagi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui motivasi belajar pembelajaran Akhlak melalui pemberian hadiah. Pembelajaran Akhlak melalui pemberian Hadiah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kalaboratif antara guru dengan peneliti. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 34 siswa. pengumpulan data dilakukan secara Observasi, Wawancara, Angket, dan Dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan: (1) Penerapan metode Hadiah dalam pembelajaran Akhlak di kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Kalasan dilaksanakan dalam dua siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi disetiap siklusnya. (2) Peningkatan motivasi peserta didik dalam pembelajaran Akhlak dengan metode pemberian hadiah cukup signifikan. Peningkatan motivasi peserta didik terlihat pada kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran, perhatian terhadap pembelajaran, berani bertanya dan mengungkapkan pendapat, kemauan menjawab pertanyaan, membaca materi, dan perasaan senang terhadap materi pelajaran. Motivasi belajar peserta didik dilihat dari hasil angket, pada siklus I motivasi peserta didik menjadi 45% dan motivasi kategori tinggi dan motivasi sangat tinggi tidak ada responden maka 0 % prosentase, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80% dari 27 responden motivasi kategori tinggi dan motivasi kategori sangat tinggi 20% dari 7 responden, motivasi belajar peserta didik terjadi secara bertahap dari kategori sedang menjadi kategori tinggi, maka disini terlihat sangat signifikan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Akhlak melalui adanya pemberian hadiah. (3) Kelebihan dan kekurangan dari penerapan metode hadiah ini adalah pengaruh positif hadiah bagi anak dapat mengenalkan anak pada perilaku positif dan memacu mereka untuk berusaha menampilkan perilaku positif lain agar mendapat lebih banyak penghargaan. Sedangkan kelemahannya adalah anak akan menjadi konsumtif dan sombong dan tergantung pada hadiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akhlak, Pemberian Hadiah, Motivasi Belajar
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 08:18
Last Modified: 03 May 2023 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58238

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum