NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME DALAM FILM MY NAME IS KHAN (TINJAUAN MATERI DAN METODE DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)

Mutoharoh, NIM.: 07410114 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME DALAM FILM MY NAME IS KHAN (TINJAUAN MATERI DAN METODE DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME DALAM FILM MY NAME IS KHAN (TINJAUAN MATERI DAN METODE DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME DALAM FILM MY NAME IS KHAN (TINJAUAN MATERI DAN METODE DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2010 para peminat film terlebih penggemar film India diberbagai negara dikejutkan dengan hadirnya film My Name is Khan yang langsung mendapat respon yang menggembirakan dari masyarakat dunia khususnya Indonesia. My Name is Khan juga diputar pada Festival Film Internasional di Berlin, Jerman. Film ini tercatat sebagai film Bollywood yang paling sukses dalam sejarah box office Inggris, sebab dalam waktu yang singkat film My Name is Khan meluncur ke peringkat enam box office Inggris. Film My Name is Khan disutradarai oleh Karan Johar, sebagaimana film India pada umumnya, film ini juga disertai beberapa lagu yang menjadi penguat alur cerita. Film ini juga dipenuhi bintang-bintang top Bollywood (India) dan memiliki karakter yang kuat di dalam diri mereka masing-masing, yakni: Shah Rukh Khan, Kajol Devgan, Shabana Azmi, Sonya Jehan, dan Jimmy Shergill. Film merupakan serangkaian gambar-gambar yang diambil dari objek yang bergerak memperlihatkan suatu peristiwa-peristiwa gerakan secara berkesinambungan, yang berfungsi sebagai media hiburan dan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui penelitian perpustakaan (library research), dimana penulis meneliti film My Name is Khan. Di sini, film My Name is Khan sebagai obyek formal penelitian, dan penulis berusaha menganalisis film My Name is Khan yang bertujuan mengetahui nilai-nilai pendidikan Pluralisme serta metode pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam film tersebut. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotika, serta menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan metode deskriptif analisis, di mana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan, serta menarik kesimpulan. Oleh karena itu pula, maka lebih tepat jika dianalisa menurut dan sesuai dengan isinya, atau menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan film My Name is Khan mengandung nilainilai pendidikan Pluralisme yang sangat signifikan sehingga film tersebut sangat baik untuk dikonsumtif bagi masyarakat umum. Kandungan nilai-nilai Pendidikan pluralisme pada My Name is Khan ini antara lain nilai inklusif, dialog, kemanusiaan, toleransi, tolong menolong, gotong royong, keimanan, keteladanan, teologi, nilai persamaan dan persaudaraan sebangsa maupun antar bangsa, berbaik sangka, dan cinta tanah air. Nilai-nilai pendidikan pluralisme dalam film My Name is Khan, merupakan salah satu nilai akhlak yang ada pada diri sendiri, orang lain dan Allah SWT. Dan metode pendidikan Islam yang digunakan dalam Film My Name is Khan tersebut adalah metode kisah Qur’ani dan Nabawi, dialog, nasihat (mau’idah), tanya jawab, perumpamaan (amtsal), ceramah, pembiasaan, keteladanan, dan problem solving.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Film My Name is Khan, Pendidikan Pluralisme, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pluralisme
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 08:22
Last Modified: 03 May 2023 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum