PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS AN-NAWAWI 01 BERJAN GEBANG PURWOREJO (STUDI KASUS TAHUN 2010/2011)

Wahyu Dewi Setyaningrum, NIM.: 07410118 (2011) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS AN-NAWAWI 01 BERJAN GEBANG PURWOREJO (STUDI KASUS TAHUN 2010/2011). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS AN-NAWAWI 01 BERJAN GEBANG PURWOREJO (STUDI KASUS TAHUN 2010/2011))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS AN-NAWAWI 01 BERJAN GEBANG PURWOREJO (STUDI KASUS TAHUN 2010/2011))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembentukan karakter siswa sangat perlu diterapkan di kalangan sekolah, khususnya madrasah. Pendidikan karakter diterapkan di MTs An-Nawawi 01 Berjan mempunyai tujuan untuk merubah kebiasaan siswa yang sering datang terlambat kesekolah walau lokasi tidak jauh dari pondok pesantren. selain dari permasalahan tersebut masih ada permasalahan dari siswa yang menyebutkan bahwa ucapan dan perbuatan saya sering tidak sesuai dengan norma agama dan juga siswa ada yang menyebutkan bahwa saya merasa berdosa sekali. Peran dari seorang guru dalam memberikan pendidikan karakter terhadap siswa baik teori, praktek, maupun keteladanan yang mengarah ke dalam pembentukan karakter siswa MTs An-Nawawi 01 Berjan bukan hanya dari guru agama saja yang mempunyai kewajiban untuk memberikan pendidikan karakter, melainkan seluruh warga yang berada di lingkungan sekolah memiliki tanggung jawab untuk mengajarkannya, sehingga menjadikan siswa lebih baik dari yang di harapkan.Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peran guru PAI, dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru PAI dalam pembentukan karakter siswa di MTs An-Nawawi 01 Berjan Gebang Purworejo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran guru PAI, dan faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru PAI dalam pembentukan karakter siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pran guru dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs An-Nawawi 01 Berjan Gebang Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran guru PAI sebagai pembentukan karakter siswa MTs An-Nawawi 01 Berjan dapat dilihat dari: Peran guru PAI yang lebih dominan dalam pembentukan karakter siswa adalah peran guru PAI sebagai pembimbing dan teladan (Uswatun Hasanah). (2) Pembentukan karakter yang dilakukan oleh guru ketika mereka melakukan pembelajaran di kelas dengan cara masing-masing guru menyelipkan muatan karakter di dalamnya berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan oleh kepala sekolah dan seluruh warga yang berada di lingkungan madrasah. (3). Faktor pendukung pembentukan karakter siswa adalah adanya dukungan dari masyarakat, adanya sistem apel pagi, kondisi lingkungan masyarakat pesantren, padatnya kegiatan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah belum adanya persepsi yang sama antara pengelola (guru), masih belum maksimal penanaman karakter dari guru untuk siswa, kondisi madrasah yang berada di pinggir jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Pendidikan Agama, Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 08:25
Last Modified: 03 May 2023 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58240

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum