INTERNALISASI NILAI AJARAN ISLAM BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FITHROH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

M. Anisul Fuad, NIM.: 07410125 (2011) INTERNALISASI NILAI AJARAN ISLAM BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FITHROH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI AJARAN ISLAM BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FITHROH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI AJARAN ISLAM BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FITHROH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang pondok pesantren Al-Fithroh Jejeran Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data itulah diambil kesimpulan. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa internalisasi nilai ajaran Islam bagi santri sangatlah penting dalam suatu pendidikan Islam karena pendidikan Islam merupakan pendidikan nilai sehingga nilai-nilai tersebut dapat tertanam pada diri peserta didik. Di pondok pesantren ini penulis menjumpai adanya penanaman nilai terutama akhlak yang sangat diperhatikan. Hal itu dapat tercermin dalam kehidupan santri dan para ustadznya setiap hari. Yaitu dengan adanya keteladanan yang dicontohkan oleh Kyai dan para ustadz kepada para santri terutama santri yang baru sabagai salah satu bentuk atau upaya internalisasi nilai ajaran Islam bagi santri di pondok pesantren Al-Fithroh Jejeran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya internalisasi nilai ajaran Islam bagi santri di pondok pesantren Al-Fithroh Jejeran dan bagaimanakah factor penghambat dan pendukung dalam upaya internalisasi nilai ajaran Islam bagi santri di pondok pesantren Al-Fithroh Jejeran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana upaya internalisasi nilai ajaran Islam bagi santri di pondok pesantren Al-Fithroh Jejeran Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta. Mengetahui factor penghambat dan pendukung dalam upaya internalisasi nilai ajaran Islam bagi santri di pondok pesantren Al-Fithroh Jejeran Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi semua tentang keteladanan dalam menanamkan akhlak peserta didik di pondok pesantren. Sehingga dapat mengembangkan kelebihan-kelebihan yang telah ada dan mengambil solusi untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang telah ada untuk disempurnakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai ajaran Islam sangat penting bagi santri, upaya-upaya internalisasi nilai ajaran Islam bagi santri di pondok pesantren Al-Fithroh Jejeran dilakukan dengan berbagai pengajaran klasik seperti madrasah diniyah, pengajaran non klasik yaitu halaqah, diskusi, bandongan. Adapun factor penghambatnya yaitu kurangnya media pembelajaran yang tersedia, minimnya koleksi buku agama yang berbahasa Indonesia, dan kurangnya bimbingan atau pengawalan bagi santri ketika berada di luar pondok pesantren. Sedangkan factor pendukung dalam upaya internalisasi nilai ajaran Islam bagi santri diantaranya yaitu adanya kesadaran para ustadz dalam membimbing para santri, besarnya dukungan dan peran santri dalam kegiatan di pondok pesantren dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Santri, Internalisasi Nilai Ajaran Islam, Sistem Pengajaran
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 08:37
Last Modified: 03 May 2023 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58241

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum