PENGGUNAAN METODE QUESTIONS STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DI KELAS VII F MTS N GONDOWULUNG BANTUL (TAHUN AJARAN 2010/2011)

Azimatul Munawaroh, NIM.: 07410131 (2011) PENGGUNAAN METODE QUESTIONS STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DI KELAS VII F MTS N GONDOWULUNG BANTUL (TAHUN AJARAN 2010/2011). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE QUESTIONS STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DI KELAS VII F MTS N GONDOWULUNG BANTUL (TAHUN AJARAN 2010/2011))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE QUESTIONS STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DI KELAS VII F MTS N GONDOWULUNG BANTUL (TAHUN AJARAN 2010/2011))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi adalah “pendorongan”; suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Jika siswa merasa tidak nyaman dalam belajar (tidak ada motivasi) dalam belajar, maka hasil pembelajaran tidak akan maksimal. Hal inilah yang terjadi di kelas VII F MTs N Gondowulung Bantul dalam belajar Aqidah Akhlak. Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi dalam pembelajaran, maka metode Questions Student Have dipilih untuk mengatasi permasalahan yang ada. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : apakah metode Questions Student Have dapat meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak di kelas VII F MTs N Gondowulung Bantul dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam penerapan metode Questions Student Have ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan mengambil latar di MTs N Gondowulung Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi, angket, dan lembar evaluasi siswa. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, mengkaji lembar evaluasi siswa, dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode Questions Student Have meliputi hal-hal yang membuat siswa semakin berani bertanya kepada guru ketika mengalami kesulitan dalam memahami materi yang telah disampaikan oleh guru, dan melalui kegiatan ini guru menjadi tahu sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah diajarkan. Kegiatan ini berpusat kepada siswa, sehingga siswa menjadi semakin aktif untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum difahaminya. (2) Peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII F mengalami perubahan dari siklus I ke siklus II. Dengan diterapkannya metode Questions Student Have motivasi belajar siswa selama pembelajaran Aqidah Akhlak meningkat dari kategori cukup baik menjadi kategori baik. Siswa mempunyai rasa senang, perhatian, rasa tertarik, rasa ingin tahu, dan antusias dalam mengerjakan tugas. (3) Faktor-faktor internal yang mendukung adalah dari siswa-siswanya sendiri, yaitu adanya minat, semangat dan rasa tertarik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Faktor-faktor eksternal yang mendukung adalah dari gurunya sendiri yang sangat menguasai materi pembelajaran serta kondisi kelas yang kondusif. Sedangkan faktor internal yang menghambat adalah masih terdapat beberapa siswa yang malas belajar dan malas membaca buku, sehingga menjadikan mereka kekurangan wawasan dalam belajar. Dan faktor eksternal yang menghambat adalah terbatasnya waktu pembelajaran Aqidah Akhlak dan terbatasnya sumber belajar Aqidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M. Si
Uncontrolled Keywords: Metode Questions Student Have, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Motivasi Belajar
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Akhlak - Etika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 08:44
Last Modified: 03 May 2023 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum