EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CD PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS TENTANG HUKUM BACAAN LAM DAN RA’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA KELAS VIII MTsN WONOSARI GUNUNG KIDUL

Anggi Avindasakti, NIM.: 07410139 (2011) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CD PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS TENTANG HUKUM BACAAN LAM DAN RA’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA KELAS VIII MTsN WONOSARI GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CD PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS TENTANG HUKUM BACAAN LAM DAN RA’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA KELAS VIII MTsN WONOSARI GUNUNG KIDUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CD PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS TENTANG HUKUM BACAAN LAM DAN RA’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA KELAS VIII MTsN WONOSARI GUNUNG KIDUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salah satu mata pelajaran wajib pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, banyak dipandang sebelah mata oleh banyak pihak, tidak terkecuali guru sebagai tenaga pendidik. Hal ini dikarenakan banyak kalangan yang menganggap bahwa PAI tidak perlu diajarkan di sekolah, karena tanpa diajarkan di sekolah pun peserta didik dapat memperoleh ilmu tersebut dari orang tua masing-masing. Selain itu, pada saat sekarang ini banyak diantara para peserta didik yang mendapat pengetahuan agama dari guru mengaji ataupun dari TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an). Hal inilah yang membuat sebagian orang menganggap remeh pembelajaran agama di sekolah. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa banyak sekolah-sekolah yang menganggap PAI sebagai mata pelajaran yang tidak terlalu penting, karena PAI tidak termasuk mata pelajaran untuk Ujian Nasional (UN). Hal ini mengakibatkan banyak sekolah yang menempatkan PAI pada jam akhir (siang hari). Selain itu, banyak guru yang enggan menggunakan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sebagai sarana untuk pembelajaran PAI. Mereka lebih suka menggunakan metode ceramah tanpa disertai media yang menarik bagi siswa. Kedua hal inilah yang membuat pembelajaran PAI di sekolah menjadi suatu pembelajaran yang pasif dan kurang diminati oleh siswa. Berdasarkan penelitian penggunaan media Compact Disk (CD) Pembelajaran Al-Qur’an Hadits tentang hukum bacaan Lam dan Ra’ yang telah dilakukan, dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu : 1. Penggunaan media Compact Disk (CD) Pembelajaran Al-Qur’an Hadits tentang hukum bacaan Lam dan Ra’ mampu meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Wonosari Gunung Kidul tahun ajaran 2010/2011. Hasil analisis ini berdasarkan hasil pengamatan peneliti selama pembelajaran berlangsung dan ditambah hasil wawancara yang dilakukan kepada ketiga orang siswa dari kelas eksperimen. Pengamatan dilakukan terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol selama 2 kali pertemuan (4 jam pelajaran). 2. Penggunaan media Compact Disk (CD) Pembelajaran Al-Qur’an Hadits tentang hukum bacaan Lam dan Ra’ mampu meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits secara signifikan pada siswa kelas VIII MTsN Wonosari Gunung Kidul tahun ajaran 2010/2011. Hasil analisis ini berdasarkan hasil uji T dua sampel dependen data post-test dengan menggunakan tingkat kepercayaan 95% atau α = 5%. Diperoleh T-hitung sebesar 11,618 dan T-tabel sebesar 2,0003. Karena T-hitung lebih besar dari T-tabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Artinya nilai siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda. Hal ini membuktikan bahwa pemberian treatment pada kelas eksperimen mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Compack Disk/CD, Motivasi Belajar, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 08:50
Last Modified: 03 May 2023 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58243

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum