STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH ALAM (STUDI KASUS DI SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA)

Muhammad Jamaaluddin, NIM.: 07410145 (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH ALAM (STUDI KASUS DI SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH ALAM (STUDI KASUS DI SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH ALAM (STUDI KASUS DI SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa realitas tentang ketercapaian tujuan pendidikan secara umum masih minim, terlebih dalam hal akhlak. Pendidikan Agama Islam sebagai mata pelajaran yang mempunyai andil besar dalam hal akhlak seharusnya mampu memerankan fungsinya untuk mampu membekali siswa dengan akhlak yang baik dan kapasitas fitrah lain untuk menjadi manusia yang berkualitas. Namun pada kenyataannya peran itu belum bisa berfungsi dengan baik. Ada upaya lebih dari SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta untuk memperbaiki peran itu, diantaranya dalam hal proses pembelajaran PAI, lebih khusus dalam hal strategi pembelajaran PAI. Beberapa hal yang menjadi permassalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana konsep strategi pembelajaran PAI, bagaimana penerapan strategi pembelajaran PAI, dan apa saja faktor pendukung pelaksanaan strategi pembelajaran PAI di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis penerapan strategi pembelajaran PAI di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta serta faktor pendukung yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan strategi pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Pengumpulan data digunakan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan menggunakan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, konsep strategi pembelajaran PAI adalah dengan penggunaan pendekatan dan metode pembelajaran. Pendekatan yang digunakan diantaranya: pendekatan pengalaman, pembiasaan, emosional, rasional, dan fungsional. Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode indoor dan metode outdoor, dengan pertimbangan beberapa hal prinsip dalam memilih metode pembelajaran. Kedua, pelaksanaan strategi yang digunakan dalam pembelajaran PAI adalah dengan; a) Pendekatan pengalaman, pembiasaan, emosional, rasional, dan fungsional, semuanya difungsikan dengan berbagai macam kegiatan pembelajaran di sekolah full day dan di rumah, b) Metode indoor yang meliputi metode ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan resitasi, demonstrasi, simulasi, latihan/drill, ekspositori, dan CTL, dan outdoor yang meliputi karya wisata, tanya jawab, kerja kelompok, simulasi, tugas dan resitasi, latihan, dan CTL. Hampir semua metode yang ada bisa dilaksanakan dengan baik sebagaimana rencana yanag dibuat, namun pada sebagian metode belum bisa dilaksanakan dengan baik. Ketiga, faktor pendukung pelaksanaan strategi pembelajaran antara lain: 1) Komitmen sekolah dalam pencapaian kompetensi siswa disemua ranah (kognitif, afektif, psikomotor), 2) Pelibatan orang tua/wali murid dalam proses belajar, 3) Konsep integral/terpadu dengan semua mata pelajaran, 4) Integrasi nilai-nilai islami pada semua program/aktifitas, 5) Peraturan dan penegakannya serta budaya yang dibangun, 5) Reward dan punishment, 6) Konsep kealaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Metode Pembelajaran, Reward dan Punishment
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 08:53
Last Modified: 03 May 2023 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum