TRANSFORMASI PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID DAN IMPLIKASI TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN ISLAM

Abdul Rofik, NIM.: 07410148 (2011) TRANSFORMASI PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID DAN IMPLIKASI TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRANSFORMASI PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID DAN IMPLIKASI TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN ISLAM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TRANSFORMASI PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID DAN IMPLIKASI TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN ISLAM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pustaka ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis terhadap Transformasi Pemikiran Abdurrahman Wahid dan Impikasi Terhadap pendidikan Islam. Dengan tema penelitian di atas, karena Gus Dur merupakan salah satu tokoh yang memiliki pengetahuan keislamanya sangat luas. Yang meliputi batasbatas Islam Tradisional yang telah membesarkannya. Hasil dari penelitian ini untuk dijadikan rujukan dalam pembangunan kajian teori-teori, sistem, metode, dan kurikulum pendidikan Islam yang memerdekakan, mencerdaskan dan membantu peserta didik yang kritis di dalam kemajuan pendidikan Islam saat ini dan masa mendatang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah pengumpulan kepustakaan. Metode pengumpulan data yang di gunakan yang meliputi sumber data Primer dan Sekunder untuk kemudian disimpulkan serta implikasinya terhadap pendidikan Islamnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan adalah Filosofis. Metode dalam pengelolaan data ini menggunakan metode analisis ini (Content Analysis). Dengan metode tersebut, kepada gagasan-gagasan pemikiran Kyai. H. Abdurrrahman Wahid yang terkait dengan Transformasi Pendidikannya dianalisis secara mendalam dan menyeluruh supaya memperoleh kesimpulan yang bersifat khusus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1). Dasar rasional yang mendasari terjadinya Transformasi Pemikiran pada diri Abdurrahman Wahid, meliputi beberapa aspek yang meendasari dalam pendidikan, yaitu (a) Pengajaran dengan stuktur, metode dan literatur tradisional (b). pemeliharaan tata nilai yang berfungsi mengutamakan ibadah sebagai pengabdian dan memulyakan guru (pendidik). (2). Implikasi Transformasi tersebut terhadap gagasan tentang konsep pendidikan Islam adalah paradigma pendidikan Islam yang memanusiskan manusia (humanisasi), memodernisasikan sistem pendidikan Islam, memerdekakan dan menghargai pluralitas peserta didik dan menghargai perbedaan pendapat dalam mengenai pengetahuan baru. Dalam bidang tujuan pendidikan Islam adalah membentuk kepribadian peserta didik yang shaleh, kritis, kreatif, dan mempunyai kesadaran yang pluralitas. Dalam aspek pendidik (guru) adalah tidak hanya mentransfer ilmu dan nilai tapi juga sebagai pribadi yang menghargai perbedaan yang dimiliki peserta didik, memberi kebebesan berpendapat dan berfikir. Dalam aspek peserta didik mempunyai potensi pengetahuan, sosial, bertuhan, serta pribadi yang bebas dan kritis. Dalam aspek materi mempunyai hak-hak demokrasi, hak-hak monoritas, hak-hak perempuan. Dalam aspek evaluasai adalah evaluasi kognitif yang menitik beratkan pada kecerdasan intelektual, evaluasi afektif menitik beratkan pada sikap (akhlaq) yang dimiliki peserta didik, evaluasi psikomotorik menitik beratkan pada keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendidikan Pesantren, Pendidikan Islam, Demokratisasi Pendidikan
Subjects: Islam dan Pemikiran
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 08:57
Last Modified: 03 May 2023 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58245

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum